EKBIS

Pemprov NTB Didorong Hadirkan Mall UMKM

63

NUSRAMEDIA.COM — Nusa Tenggara Barat akan menjadi pusat perhatian dunia. Terlebih dengan akan terlaksananya berbagai event internasional di Lombok.

Mulai dari gelaran World Superbike atau WSBK pada November 2021 ini, hingga olahraga balapan bergengsi paling dinanti, yaitu MotoGP 2022 mendatang.

Oleh karenanya, berbagai event dunia yang rencananya akan digelar itu diharapkan dapat memberikan dampak besar kepada masyarakat NTB.

“Tentu kita berharap, dengan adanya WSBK dan MotoGP ini bisa memberikan dampak besar terhadap masyarakat, terutama para UMKM kita,” kata Abdul Rauf Anggota DPRD NTB di Mataram.

Baca Juga:  Kesempatan Emas, Kota Mataram Tuan Rumah Event FIFGROUP FEST

Maka dari itu, politisi Partai Demokrat ini memberikan beberapa saran kepada Pemerintah Provinsi (Pemprov) NTB sehingga dapat dijadikan perhatian bersama.

“Pertama, saran saya agar berdampak, pemerintah dapat meyiapkan Mall UMKM dibeberapa titik strategis. Seperti di Bandara dan di area sirkuit Mandalika,” saran Rauf.

“Kedua, dibuatkan semacam agenda tambahan. Sehingga wisatawan dunia yang hadir di NTB, tidak hanya terfokus di Lombok saja. Tapi juga bisa melihat potensi yang ada di Pulau Sumbawa,” imbuhnya.

Baca Juga:  Dinilai Bantu Pemerintah, Bang Zul Dukung Industrialisasi ala BEM UNRAM

Kembali diterangkan Pimpinan Komisi II DPRD NTB itu, keberadaan Mall UMKM dinilainya sangat penting. Apalagi dalam memanfaatkan potensi dibalik berbagai event tersebut.

“UMKM yang ada di Kabupaten/Kota se-NTB ini dihimpun. Nanti akan ditempatkan di Mall UMKM itu. Zul-Rohmi harus mensupport ini, agar memberikan dampak luas dengan kehadiran WSBK dan MotoGP nanti,” tegasnya.

“Undang mereka (UMKM di NTB). Pusatkan mereka dalam Mall UMKM ditempatkan dititik-titik strategis tadi. Maka baru akan terasa dampaknya,” kata Rauf lagi.

Baca Juga:  Kesempatan Emas, Kota Mataram Tuan Rumah Event FIFGROUP FEST

Menurut wakil rakyat di Udayana asal Dapil Dompu, Bima dan Kota Bima itu, pemerintah provinsi harus mensupport para UMKM di NTB. Kemudian dapat menyiapkan sarana yang memadai.

Ini menjadi penting, kehadiran WSBK dan MotoGP harus dapat dimanfaatkan dan dirasakan dampaknya secara langsung masyarakat NTB.

“Dan kami mendorong itu. Karena WSBK dan MotoGP ini juga bisa jadi sebagai salah satu momen semangat dalam menggeliatkan ekonomi di NTB,” demikian Abdul Rauf. (red) 

Artikel sebelumyaKadis Perindustrian NTB Buka Giat Pendampingan Kerajinan Tenun di Desa Poto
Artikel berikutnyaProgram Zul-Rohmi Dinilai Luar Biasa