EKBIS

Tengok Tetangga Makin Gencar di NTB

NUSRAMEDIA.COM, MATARAM — Keberadaan para investor di Provinsi Nusa Tenggara Barat kian dirasakan oleh masyarakat.

Pasalnya, melalui ‘gerakkan menengok tetangga’ yang di inisiasi oleh Dinas PMPTSP NTB kian digalakkan.

Terlebih pada situasi dan kondisi ditengah merebaknya corona virus disease 2019 (COVID-19) saat ini di NTB. Kehadiran para investor tentu sangat diharapkan masyarakat.

Yakni dalam membantu meringankan sedikit beban penderitaan masyarakat yang terdampak, terutama warga yang kurang mampu.

Kepada NUSRAMEDIA, Kepala Dinas PMPTSP NTB, H Mohammad Rum mengungkapkan, bahwa keberadaan investor/perusahaan yang beroperasi di NTB semakin gencar menyambangi warga untuk berbagi.

Saat ini, lanjutnya, sudah ada sejumlah investor melalui perusahaannya masing-masing terus bergerak memberikan bantuan kepada masyarakat.

Baca Juga:  Masyarakat Diminta Waspada Peredaran "Upal"

Antara lain sebutnya, PT Temeda Pumas Abadi di Lombok Timur, PT AMNT di Sumbawa Barat. Kini menyusul, beberapa investor dari singapura.

Yaitu, PT Aishah Mohamed Consultant, PT Sunin Construction Indonesia dan PT Thoyyib Consultan dan Construction.

“Tidak hanya investor dari Singapura, ada juga investor lainnya seperti dari Korea dan Bahrain,” ujar Rum.

“Ini menunjukkan keberadaan mereka sangat bermanfaat dan mereka juga menunjukkan kepeduliannya secara nyata kepada warga yang ada diwilayahnya masing-masing,” imbuhnya.

Menurut mantan Kalak BPBD NTB itu, selain memberikan sembako bagi warga miskin dan lansia, ada giat yang dilakukan cukup baik oleh para investor.

Seperti membersihkan masjid/mushollah, memberikan mukenah dan memberikan sarung kepada warga untuk menunaikan sholat.

Baca Juga:  Budidaya Rumput Laut di Pulau Medang Kembali Dikembangkan

“Bagusnya lagi, Alhamdulillah mereka menyasar anak-anak yatim memberikan pakaian, bahkan kasur. Ini luar biasa, tentu kami mengapresiasi upaya dan kepedulian nyata mereka,” kata Rum.

Berdasarkan kacamata pihaknya, mantan Kepala Bakesbangpoldagri NTB itu menilai peran nyata para investor/perusahaan yang beroperasi di NTB sudah cukup baik.

“Memang dari awal, hal ini (gerakan menengok tetangga) sudah kami koordinasikan untuk bersama-sama ikut ambil bagian berperan serta membantu masyarakat disituasi seperti saat ini. Dan hal ini terus saya koordinasikan dengan sejumlah investor lainnya,” jelasnya.

“Kami berharap, gerakan menengok tetangga ini dapat dilakukan oleh para investor/perusahaan lainnya yang ada di NTB. Karena keberadaan investor saat ini sangat dinantikan oleh masyarakat NTB,” demikian ajak HM Rum.

Baca Juga:  Ketua DPRD Sumbawa Ajak Ikasum Jaya Bangun Sumbawa

Sebelumnya, diberbagai kesempatan Rum juga terus mengajak Pemda di Kabupaten/Kota untuk mendorong para investor/perusahaan yang beroperasi diwilayah masing-masing untuk bergerak bersama membantu warga terdampak akibat corona.

Selain itu pula, ia juga berharap kepada pihak aparat keamanan dapat menjamin keamanan bagi para investor di daerahnya masing-masing.

Karena menurut Rum, suatu kegiatan investasi akan berjalan baik dan lancar, namun harus dibarengi dengan terciptanya rasa aman bagi para investor.

Ketika investasi berjalan baik di suatu daerah, maka tentu akan memberikab dampak yang baik pula bagi masyarakat maupun daerah. Antara lainnya terciptanya lapangan kerja dan bertumbuhnya ekonomi. (red)