HEADLINE

Apresiasi Upaya Gubernur : “Sangat Pas, NTB Full Sport”

Anggota DPRD Provinsi NTB Dapil Sumbawa-Sumbawa Barat, Sambirang Ahmadi.

NUSRAMEDIA.COM — Anggota DPRD Provinsi Nusa Tenggara Barat, Sambirang Ahmadi mengapresiasi Pemprov NTB dalam hal ini Gubernur NTB Zulkieflimansyah dalam berupaya mempersiapkan segala sesuatunya secara maksimal. Terlebih dalam menyikapi berbagai event balap motor dunia yang rencana akan digelar dilingkup Provinsi NTB pada tahun 2022 mendatang.

Yakni seperti MotoGP, World Superbike (WSBK) hingga MXGP. Untuk MotoGP dan WSBK nantinya akan terpusat sekaligus terlaksana di Pulau Lombok tepatnya di Sirkuit Internasional Mandalika, Lombok Tengah. Untuk MXGP, rencananya akan terlaksana di Pulau Sumbawa tepatnya di kawasan andalan Teluk Saleh, Moyo dan Tambora (SAMOTA) di Kabupaten Sumbawa.

MXGP sendiri adalah balap motor cross dunia paling elit dan bergengsi. Apalagi NTB terdiri dari dua pulau besar yakni Lombok-Sumbawa, maka keberadaan dua pulau tersebut diharapkan dapat dimaksimalkan. Menurut Sambirang, langkah Gubernur NTB yang berencana akan menempatkan event MXGP di Sumbawa dinilainya sudah sangat tepat.

Baca Juga:  ASN Diminta Jangan Tambah Libur : "Kalau Tidak Masuk Diberikan Sanksi"

Mengingat porsi keberimbangan dalam memaksimalkan potensi kedua pulau tersebut tentu harus menjadi pertimbangan untuk diperhatikan bersama. “Saya kira sangat pas (jika MXGP terlaksana di Pulau Sumbawa). (NTB) full sport,” kata anggota DPRD Provinsi NTB jebolan asal Daerah Pemilihan (Dapil) V Kabupaten Sumbawa-Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) tersebut, Jum’at (31/12) di Mataram.

Setelah mendapat keberimbangan porsi perhatian terkait penyelenggaraan event-event itu diyakini Sambirang akan memberikan dampak dahsyat nantinya untuk NTB, khususnya dikedua pulau tersebut. “Karena tentu (nantinya) akan berdampak. Terdampaknya mobilitas ekonomi masyarakat. Selain itu akan banyak sektor jasa yang akan hidup,” ujar Sambirang.

“Seperti dari sisi perhotelan, transportasi, kuliner, pariwisata dan lain-lainnya akan hidup. Begitu juga UMKM akan diuntungkan. Kemudian bantuan pusat untuk infrastruktur pun akan terus mengalir,” imbuhnya. Mengingat rentang waktu yang cukup mepet terkait kesiapan gelaran event-event tersebut, ia meyakini NTB sebagai tuan rumah akan bersiap totalitas dalam menyambut berbagai gelaran balap motor dunia ini.

Baca Juga:  Mo-Novi Terus Upayakan Peningkatan Kualitas Infrastruktur di Sumbawa

Karenanya, dia mengajak semua pihak agar menyatukan langkah dan bergandengan untuk saling bekerjasama mendukung rencana-rencana tersebut. “Ini kan gawe besar yang butuh atensi dan dukungan semua pihak,” kata Sambirang. “Terutama Pemda (Pemerintah Daerah) setempat, mesti diseriusi persiapannya dari segala sisi,” dorongnya sembari mengajak semua pihak dapat berkolaborasi dalam menyukseskan berbagai event tersebut.

Yakin MXGP bisa terlaksana di Samota, Kabupaten Sumbawa? Menurut Sekretaris Fraksi PKS DPRD NTB itu menilai tidak ada yang mustahil jika didasari kebersamaan serta kesungguhan. “Tidak ada yang mustahil jika kita fokus dan bersunguh-sungguh. Jika semua energi kita kerahkan dan konsolidasikan semua yg tampak mustahil akan jadi mungkin. Nothing impossible,” demikian Sambirang Ahmadi.

Diberitakan sebelumnya, Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat terus mematangkan persiapan penyelenggaraan MXGP atau balap motor cross dunia 2022 mendatang. Dimana rencananya event balap motor cross dunia paling bergengsi itu akan dilaksanakan di Kabupaten Sumbawa, tepatnya di Kawasan Samota.

Baca Juga:  Pendaftar di BLK Sumbawa Tinggi Peminat

Gubernur NTB, Zulkieflimansyah menegaskan, NTB sudah sangat siap menjadi tuan rumah tiga event balap dunia sekaligus. Dimana event tersebut rencananya akan terlaksana pada tahun 2022 mendatang. Yakni meliputi MotoGP, MXGP dan World Superbike (WSBK).

“Insya Allah, kalau tidak ada aral merintang, tahun 2022 NTB akan jadi tuan rumah tiga event motor dunia,” kata Bang Zul kerap Gubernur disapa. “MotoGP di (Sirkuit) Mandalika, MXGP di Samota (Kawasan Teluk Saleh, Moyo dan Tambora) dan World Superbike,” imbuhnya.

Selain itu, Gubernur juga menyatakan bahwa beberapa kejuaraan sedang coba dilakukan simulasi untuk diselenggarakan di Dompu dan Bima kedepannya. “Beberapa kejuaraan juga sedang coba disimulasi untuk diselenggarakan di Dompu dan Bima. Doakan semua lancar dan sesuai rencana. Aamiin,” kata Doktor ekonomi industri tersebut. (red)