HEADLINE

Buruan Bayar Pajak Kendaraan Bermotor!

319

MATARAM — Kabar baik, khususnya untuk masyarakat di Provinsi Nusa Tenggara Barat. Pemerintah Provinsi melalui Bappenda NTB memberikan banyak kemudahan dan keringanan. Terutama berkaitan dengan pembayaran pajak kendaraan bermotor (PKB).

Sebagaimana diungkapkan Kepala Bidang (Kabid) Pajak Bappenda NTB Mohammad Husni, melalui Pergub NTB Nomor 21 Tahun 2021 memberikan banyak keringanan kepada masyarakat, khususnya wajib pajak.

“Pergub NTB 21/2021 tentang Pemberian Keringanan dan Pembebasan Sanksi Administrasi Pajak Kendaraan Bermotor memberikan insentif. Bisa dikatakan insentifnya tiga jadi satu (3in1),” ujarnya kepada media ini, Kamis (1/7) di Mataram.

Baca Juga:  Peserta SKD CPNS NTB Diminta Percaya dengan Kemampuan Diri

“Insentif itu (3in1) mulai berlaku hari ini (1 Juli 2021) hingga 31 Desember mendatang. Pertama, pemerintah membebaskan denda PKB. Kedua, bebas tunggakan diatas 5 tahun dan ketiga diberikan diskon PKB hingga 50 persen,” tambahnya.

Ia berharap, dengan kehadiran Pergub NTB 21 Tahun 2021 ini, agar dapat dimanfaatkan oleh masyarakat NTB, khususnya para wajib pajak dalam membayar pajak kendaraannya. “Untuk itu, kami mengajak masyarakat NTB agar segera memanfaatkan kesempatan bagus ini untuk membayar pajak kendaraan bermotornya,” ajak pria yang akrab disapa Husni ini.

Baca Juga:  Panen Padi di Sumbawa, Johan : Tidak Ada Alasan Lagi Bagi Pemerintah Lakukan Impor Beras!

TARGET PKB RP 470,5 MILIAR

Mantan Kepala UPTB UPPD Sumbawa itu juga menegaskan, bahwa target realisasi PKB tahun ini sebesar Rp 470,5 miliar. Dia tak menampik, bahwa memang ada terjadi minus sekitar 5 persen pada semester pertama (I).

Dimana pada semester I, hanya terlealisasi sekitar 44,8 persen dari target 50 persen. “Ada minus sekitar 5 persen. Hal ini dikarenakan beberapa faktor, salah satunya memang kondisi kita saat ini (Ditengah Pandemi COVID19), sehingga juga berdampak pada perekonomian,” kata Husni.

Meski demikian, pria yang dikenal santun dan ramah ini menyatakan optimis, yang mana pihaknya akan mampu merealisasikan apa yang menjadi target tersebut. “Yang pasti, kami optimis, target itu akan terlealisasi,” ujar Husni.

Baca Juga:  Satgas Terjunkan Tim Fokus Lakukan Perbaikan Data Tata Kelola Aset di Gili Trawangan

Optimisme yang ditegaskannya, bukan tanpa alasan. Guna merealisasikan apa yang menjadi target itu, menurut Husni, dengan dilakukannya intervensi.

“Kita kolaborasi, sambil menggencarkan opgab. Kemudian door to door, serta upaya lainnya dan terus meningkatkan pelayanan. Kami juga berharap kabupaten/kota juga melakukan upaya maksimal dengan gebrakkan yang seirama,” demikian Mohammad Husni. (red) 

Artikel sebelumyaKehadiran Investor Berikan Kemaslahatan bagi Masyarakat
Artikel berikutnyaHj Niken Wisuda Puluhan ABK