HEADLINE

Dishub NTB Pastikan Kesiapan Transportasi Angkut Penonton World Superbike

Kepala Dinas Perhubungan Provinsi NTB, Lalu Moh Faozal

NUSRAMEDIA.COM — Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi Nusa Tenggara Barat memastikan kesiapan moda transportasi untuk mengangkut penonton World Superbike (SBK) menuju Pertamina Mandalika International Street Circuit di Kabupaten Lombok Tengah.

Kepala Dinas Perhubungan NTB, Lalu Moh Faozal mengatakan, jumlah moda transportasi yang disiapkan untuk mengangkut penonton ke lokasi Sirkuit Mandalika sebanyak 124 unit.

Terdiri dari 5 bus berkapasitas 40 seat, 58 bus medium dengan 30 seat dan 61 kendaraan kapasitas 15 seat. “Nanti moda transportasi inilah yang melayani para penumpang atau penonton yang akan menuju Sirkuit Mandalika,” katanya, Minggu (31/10) kemarin di Mataram.

Dijelaskan Faozal, transportasi tersebut akan melayani lima koridor, antara lain Bandara Internasional Zainuddin Abdul Madjid Lombok – Mandalika, Gili Mas Lembar – Mandalika, Bangsal – Mandalika, Islamic Center – Mandalika, dan Pelabuhan Kayangan-Mandalika.

Baca Juga:  Sumbawa Fokus Kembangkan "Wilal dan Dewi"

Dimana tiap bus diberi stiker khusus WSBK. Dikawasan Mandalika juga disiapkan transportasi shuttle bus di tiga kantong parkir untuk menuju area sirkuit. “Jadi ada dua kantong parkir sudah disiapkan di Nurul Bilad dan Songong, serta satu kantong parkir untuk tamu VVIP,” ujar Kadishub.

Menurut mantan Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) NTB itu, skema transportasi WSBK tersebut bisa melayani jumlah pengunjung penonton WSBK yang mencapai 25 ribu orang sesuai dengan kuota yang diberikan pemerintah.

Baca Juga:  Desak Food Estate Gunung Mas Dihentikan, Johan Rosihan : "Buang-Buang Anggaran"

“Peran Dishub untuk memastikan seluruh pengunjung yang sudah memiliki tiket ini bisa dilayani transportasi yang kita siapkan dan terkoneksi dengan moda lainnya, dari bandara dan pelabuhan,” ungkap Faozal.

Penyiapan transportasi WSBK, masih mata dia, dilakukan pemerintah untuk memberikan pelayanan dan kenyamanan bagi pengunjung yang ingin menonton WSBK di Sirkuit Mandalika. Selain tidak dipungut biaya, juga disediakan fasilitas rapid antigen gratis.

“Jadi kabar baiknya semua transport di lima koridor ini free bagi pemegang tiket WSBK dan lolos peduli lindungi. Fasilitas rapid antigen juga disediakan di pintu masuk daerah, sehingga untuk yang masuk Lombok dan belum punya hasil rapid antigen, juga dilayani gratis,” kata Faozal.

Baca Juga:  ORI NTB Temukan Penyimpangan Dalam Seleksi PPPK Bima 2023

Dikatakan, saat ini pihaknya bersama Organda menggunakan sistim jemput bola melakukan pengecekan kendaraan yang dipersiapkan untuk angkutan WSBK. Hal ini dilakukan untuk memastikan sejauh mana kesiapan kelaikan kendaraan yang digunakan pada saat WSBK.

“Kami bersama Organda dalam beberapa hari terakhir keliling ke kabupaten dan kota untuk melakukan “ramp check” atau inspeksi keselamatan kendaraan yang nanti dipakai untuk WSBK, sehingga semua bisa berjalan dengan aman dan lancar,” tutup Faozal. (red)