HEADLINE

DTS 2021 Energi Positif NTB

79

MATARAM — Badan Penelitian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (Balitbang SDM) Kementerian Kominfo dalam waktu dekat akan memastikan terselenggaranya Program Digital Talent Scholarship (DTS) di Provinsi Nusa Tenggara Barat.

Karena itu, Pemerintah Provinsi (Pemprov) melalui Dinas Kominfo Statistik (Diskominfotik) NTB tengah bergegas mempersiapkan diri agar pelatihan dengan kuota awal ditargetkan sebanyak 10 ribu peserta dan tambahan 4 ribu peserta bisa terlaksana dalam waktu yang tidak terlalu lama.

Kamis (1/7) kemarin, Dinas Kominfotik NTB pada rapat pemantapan DTS 2021 di NTB bersama perwakilan dari Balitbang SDM Kemenkominfo di Surabaya menggelar pertemuan di Ruang Rapat Utama (RRU) Kantor Gubernur NTB. Rapat diikuti seluruh Kepala OPD lingkup Pemprov NTB.

Hal itu dibenarkan oleh Kepala Dinas Kominfotik NTB, Dr Najamuddin Amy. Dikatakannya, sesungguhnya dengan gelaran DTS Tahun 2021 ini merupakan angin segar dan dapat memberikan energi bagi Provinsi NTB untuk menjadi fasilitator dan akselerator pendukung ekonomi digital.

“Karena itu melalui kesempatan ini, Pemprov NTB melalui OPD-OPD, komunitas, masyarakat, institusi pendidikan tinggi, dunia usaha dan media bisa berpartisipasi untuk mengikuti pelatihan DTS ini. Memang untuk di pelatihan ini membutuhkan proses. Karena ini dilakukan secara digital tidak bisa diikuti secara manual peserta harus didaftarkan secara online,” terangnya, Jum’at (2/7) di Mataram.

Baca Juga:  Gerindra Siapkan Pendampingan Hukum untuk Wabup Danny

Menurut pria yang akrab disapa Bang Najam itu, Provinsi Nusa Tenggara Barat mendapatkan tantangan langsung dari Eka Perwakilan BPSDM Kominfo Surabaya. Dimana dia menyatakan, kuota Scholarship di Indonesia sebanyak 100 ribu orang.

Mengingat NTB sangat giat mengikuti acara Digital Talent Scholrship ini. Maka BPSDM memberikan tantangan kepada Provinsi NTB siap atau tidak untuk 10 ribu kuota, kemudian ditambahkan 4 ribu kuota yang akan dilakukan secara daring. Sehingga total kuota yang didapatkan NTB 14 ribu talent dari 100 ribu di Indonesia.

“Kemarin, Alhamdulilah kita sudah mendapat tantangan dari Bu’ Eka bahwa sesungguhnya kuota digital scolarship di Indonesia 100 ribu orang. Karena NTB sangat giat mengikuti acara ini, maka Eka memberikan tantangan siap atau tidak NTB untuk 10 ribu talent dari 100 ribu di indonesia. Saya langsung mengatakan, Insya Allah NTB siap untuk 10 ribu kuota,” ungkap mantan Kepala Biro Humas dan Protokol Setda NTB tersebut.

Baca Juga:  Inilah Instruksi Keren Gubernur NTB

Oleh karenanya, Bang Najam berharap kepada Kepala OPD lingkup Pemprov NTB untuk bisa mengikuti sosialisasi ini, sehingga betul-betul memanfaatkan digital talent scholership ini yang bersentuhan dengan tugas pokok tiap OPD.

Terkait dengan program baik yang dilaksanakan secara online maupun secara ofline dari digital talent scolership ini, sambung Bang Najam, paling tidak ada sembilan akademi atau program yang ditawarkan nanti pada sosialisasi kali ini.

Menurut dia, DTS ini bukan hanya untuk anak-anak milenial tetapi juga wanita-wanita wirausaha. Sehingga seluruh program unggulan tidak ada satupun yang tidak tersentuh dengan DTS ini. Moment ini menjadi salah satu kesempatan untuk upgreding capcitiy SDM mulai dari generasi milenilal bahkan Eslon 3 dan 2.

“DTS ini bukan hanya untuk anak-anak milenial tetapi para wanita wirausaha. Sehingga seluruh program unggulan tidak ada satupun yang tidak tersentuh dengan DTS ini. ini menjadi salah satu kesempatan bagus. Sehingga upgreding capasitiy dari SDM kita mulai dari generasi milenial bahkan sampai eslon 3 dan 2,” kata pria kelahiran asal Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) ini.

Baca Juga:  Satgas Terjunkan Tim Fokus Lakukan Perbaikan Data Tata Kelola Aset di Gili Trawangan

Disebutkannya, ada beberapa kampus yang bekerjasama dengan DTS ini yaitu Universitas Mataram, Universitas Islam Mataram dan juga Universitas Hamzanwadi Selong. Ia juga menyatakan, ada sembilan kegiatan DTS yakni Fresh Graduate Academy (FGA), Thematic Academy (TA), Profesional Academy (PROA), Digital Entrepreneurship Academy (DEA), Goverment Transformation Academy (GTA) dan juga Talent Sscouting Academy (TSA). Seluruh kegiatan ini memeiliki sasaran dan kuota masing-masing .

Dia berharap agar acara ini disambut dengan baik, kesempatan besar ini semoga dapat dimaksimalkan dan semoga acara DTS ini menjadi awal yang baik untuk Provinsi NTB. Diharapkan juga dengan adanya acara ini NTB bisa mendapatkan pencerahan, edukasi dan literasi terkait program yang akan dilaksanakan berkaitan dengan program unggulan yang ada di Provinsi NTB. (red) 

Artikel sebelumyaSelamat Hari Bhayangkara ke-75
Artikel berikutnyaNTB Akan Gratiskan Rapid Test bagi Wisatawan