HEADLINE

Jum’at Berkah, Kabar Baik dari Bang Zul

101
Gubernur NTB, Dr H Zulkieflimansyah saat mengikuti rapat terbatas bersama Presiden RI serta sejumlah Menteri di Istana Bogor, Jum’at (26/11)

NUSRAMEDIA.COM — Indonesia umumnya, Provinsi Nusa Tenggara Barat khususnya saat ini menjadi perhatian dunia. Betapa tidak, kehadiran Sirkuit Internasional Mandalika di NTB terbilang dahsyat. Berbagai event dunia seperti World Superbike (WSBK) yang telah terlaksana sukses diwilayah KEK Mandalika, Lombok Tengah mampu memberikan daya dobrak positif bagi NTB, Indonesia.

Tak heran, mata dunia saat ini sedang tertuju ke NTB, Indonesia. Bisa dikatakan, NTB seakan mampu menghipnotis dunia dengan berbagai sajian event balap motor dunia yang terselenggara beberapa waktu lalu. Bahkan tepat pada Jum’at yang juga diyakini ummat muslim sebagai hari penuh keberkahan, Zulkieflimansyah yang tak lain adalah Gubernur Nusa Tenggara Barat memberikan kabar baik bagi NTB.

Pasalnya saat ini pemerintah pusat bersama pemerintah provinsi NTB terus berkoordinasi intens. Ini dalam rangka mempersiapkan segala sesuatunya agar persiapan menyambut gelaran ajang balap motor dunia bergengsi, yakni MotoGP pada Maret 2022 mendatang lebih maksimal. Tentunya hal ini akan memberikan dampak positif bagi NTB khususnya. Sebagai bentuk keseriusan itu, Gubernur Nusa Tenggara Barat Zulkieflimansyah saat ini berada di Istana Bogor mengikuti rapat terbatas (ratas) bersama Presiden RI, Joko Widodo dan sejumlah menteri.

Dikesempatan itu, berbagai hal menjadi pembahasan fokus pihak pemerintah. Hal inipun tak ditampik oleh Gubernur NTB bahwa memang masih cukup banyak hal yang harus dibenahi agar persiapan mencapai titik mantap dan maksimal. “Banyak sekali yang harus dibenahi dan segera dikeroyok maksimal bersama-sama. Ini bukan program Lombok Tengah. Ini bukan program NTB, ini program bangsa dan negara kita,” jelas Bang Zul akrab Gubernur NTB disapa, Jum’at (26/11).

Baca Juga:  WSBK Sukses, Bersiap MotoGP : Jempol Untuk Gubernur NTB!

Dia juga tak lupa mengapresiasi pemerintah pusat atas perhatian nyata terhadap NTB, terutama dari sisi bantuan. “Perhatian pemerintah pusat untuk daerah kita luar biasa,” ucap orang nomor satu di NTB tersebut. Penting untuk diketahui, sambung Bang Zul, kesuksesan WSBK di Mandalika kemarin bukan hanya menjadi kesuksesan Lombok Tengah atau NTB. “Tapi kesuksesan Indonesia. Kesuksesan Pak Jokowi Presiden kita,” tegasnya.

Mantan anggota DPR RI tiga (3) periode itu juga tak memungkiri, bahwa sejak dijaman Jokowi banyak program pembangunan infrastruktur maupun desa dan lain sebagainya. Meski demikian, hal itu menurut Bang Zul, tidak ada yang mampu menarik perhatian global atau dunia internasional semasif adanya gelaran WSBK di Mandalika.

“Dengan satu (gelaran event dunia) WSBK kemarin, country brand Indonesia jadi tak ternilai brand equity nya. Dahsyat sekali,” tegas Gubernur asal kelahiran Kabupaten Sumbawa tersebut. “Nah, penyelenggaraan MotoGP Februari dan Maret 2022 magnitude dan sofistikasinya sepuluh (10) kali lipat lebih besar. Ya, sepuluh (10) kali lebih besar. Jadi persiapannya kudu harus lebih baik dan mantap,” imbuhnya.

Baca Juga:  Bukan Hanya MotoGP, MXGP Juga Akan Digelar di NTB

PULAU SUMBAWA DAPAT APA?

Seperti diketahui, NTB terdiri dari dua pulau besar, yaitu Pulau Lombok dan Pulau Sumbawa. Kalaupun ada yang mempertanyakan lantas bagaimana dengan Pulau Sumbawa apa yang diperoleh. Secara tegas, Gubernur NTB menyatakan tentu kecipratan secara merata. Tak hanya Pulau Lombok, tapi juga Pulau Sumbawa. “Kalau ada yang bertanya lalu Pulau Sumbawa dapat apa? Tentu saja banyak lah,” kata dia.

“Nggak mungkin disebut satu-satu. Semua (Pulau Lombok dan Pulau Sumbawa) dapat (perhatian dari pemerintah) secara bertahap dan proporsional. Mandalika contohnya sudah bisa dapat banyak,” tambah Bang Zul. Tak hanya itu, Gubernur NTB juga mengungkapkan saat momen kehadiran Menteri PU pada acara Mandalika menjelaskan progress ByPass dari Bandara ke Mandalika.

Disitu, ungkap Gubernur, sempat ada yang menyinggung soal perhatian pemerintah terhadap Desa Tepal dan Baturotok diwilayah Kabupaten Sumbawa. “Ada yang nyeletuk kapan Tepal dan Baturotok ya? Sambil memperlihatkan video jalan rusak di Baturotok,” katanya. “Pak Menteri langsung mengalokasikan sebesar Rp 80 miliar tanpa perlu nanya itu jalan desa, jalan kabupaten, jalan provinsi atau Jalan nasional. Itu contoh kecil betapa banyak yang bisa kita maksimalkan dengan kehadiran tamu-tamu penting kita di NTB ini,” imbuh Gubernur NTB.

Baca Juga:  Gubernur NTB Akan ke Abu Dhabi Perjuangkan F1

Oleh karenanya, Gubernur NTB mengajak semua pihak agar tetap berfikir positif. Bagaimana dapat menyatukan langkah sembari bergandengan memperkuat semangat kebersamaan dalam membangun demi kemajuan NTB. Karena dengan adanya kehadiran berbagai event dunia serta sirkuit mandalika ditambah lagi perhatian lebih pemerintah pusat terhadap NTB tentu akan memberikan dampak signifikan untuk sebuah momen kebangkitan daerah.

Betapa tidak, pemerintah pusat akan segera menambahkan Dana Alokasi Khusus (DAK) untuk Provinsi NTB. Nantinya dana ini akan dipergunakan untuk pengembangan Infrastruktur, Pariwisata, UKM bahkan Lingkungan Hidup. Tentunya ini menjadi kabar baik, yang mana NTB kedepan akan siap menjemput sebuah perubahan besar yang jauh lebih baik lagi.

“Jadi mari saling bantu dan saling dukung demi kebaikan kita bersama. (Karena ini untuk) kebaikan kita semua,” demikian ajak Gubernur NTB Zulkieflimansyah kepada seluruh elemen masyarakat NTB khususnya. Sekedar informasi, dalam ratas yang terlaksana di Istana Bogor itu juga diikuti oleh Menko Ekuin, Mensesneg, Mensekab, Menteri BUMN, Menkeu, Menteri PU, Menteri Perhubungan, Menteri Pariwisata dan Menpora dalam mempersiapkan perhelatan MotoGP di Mandalika secara maksimal. (red) 

Artikel sebelumyaSemua Pihak Diajak Berkolaborasi Bangkitkan Pariwisata NTB
Artikel berikutnyaPulau Sumbawa Dapat Apa? Akhdiansyah : Kita Dapat Samota, Kembangkan!