HEADLINE

Kabupaten/Kota Harus Kreatif!

53
Anggota DPRD NTB Fraksi PAN asal Dapil Sumbawa-Sumbawa Barat, Muhammad Nasir.

NUSRAMEDIA.COM — Provinsi Nusa Tenggara Barat nampaknya akan menjadi magnet luar biasa yang akan menarik perhatian warga dunia untuk mendatangi NTB.

Betapa tidak, berbagai event Internasional akan terselenggara di NTB. Kehadiran sirkuit di KEK Mandalika, Lombok Tengah diprediksi akan menjadi titik balik kebangkitan ekonomi NTB.

Sesuai rencana, sirkuit Mandalika akan lebih dulu dijajal oleh para rider dalam gelaran Asia Talent Cup atau Junior MotoGP pada tanggal 12-14 November 2021 mendatang.

Setelah itu, gelaran World Superbike atau WSBK dimulai dari tanggal 19 hingga 21 November 2021. Tak hanya itu, MotoGP juga direncanakan akan hadir pada 2022 mendatang.

Oleh karenanya, kehadiran event-event dunia tersebut diharapkan dapat memberikan dampak luas. Terutama dari sisi ekonomi bagi masyarakat, tak hanya di Pulau Lombok, tapi juga Pulau Sumbawa.

Hal ini juga menjadi bagian harapan anggota DPRD NTB jebolan asal Dapil V Sumbawa-KSB, yakni Muhammad Nasir. Menurut dia, kehadiran berbagai event tersebut harus bisa memberikan manfaat besar bagi masyarakat NTB.

Terutama, kata politisi Partai Amanat Nasional (PAN) itu, bagi para UMKM di NTB. “Harus bisa dipastikan, bahwa dalam event-event ini bisa memberikan multiplier effect. Terutama bagi para UMKM-UMKM kita,” tegas Nasir, Minggu (3/10).

Baca Juga:  Bertambah Lagi, Kini NTB Kantongi 12 Medali Emas : "Selamat untuk Rini Kurniati"

Meski koordinasi antara Pemerintah Provinsi dengan Kabupaten/Kota dinilainya sudah cukup baik, namun Pemda se-NTB juga disarankan harus menggali setiap potensi serta kemampuan para UMKM.

Menurut dia, kehadiran berbagai event dunia yang akan terlaksana di NTB itu harus bisa dimanfaatkan betul. Terlebih dalam menggairahkan kembali perekonomian di NTB.

“Harus dimanfaatkan betul ini. Karena ini mau tidak mau akan menjadi event secara reguler. Pemerintah harus mantapkan betul kemampuan-kemampuan UMKM yang ada di daerah,” ujarnya.

“Disisi lain pemerintah di kabupaten/kota juga harus mampu membaca, melihat dan memanfaatkan peluang yang ada. Jadi harus kreatif,” imbuh Anggota Komisi III DPRD NTB tersebut.

Dikatakan Nasir, potensi di NTB cukup banyak. Selain dari sisi UMKM, potensi lain seperti destinasi pariwisata di Pulau Sumbawa tidak kalah dengan Pulau Lombok.

Baca Juga:  Lepas Kafilah NTB, Gubernur : "Sang Juara Itu, Mereka yang Mampu Menautkan Hati"

Hal ini menjadi penting. Mengingat pengunjung yang akan datang ke NTB diharapkan tidak hanya terfokus di Pulau Seribu Masjid saja (Julukan Pulau Lombok).

Sehingga berbagai potensi yang ada diharapkan mampu dicuatkan untuk ditawarkan kepada warga dunia. “Makanya ya itu tadi. Kata kuncinya, daerah ini harus kreatif,” kata Nasir.

“Apa yang masih dirasakan kurang, maka ditambah. Kemudian apa yang belum baik segera diperbaiki. Ditata perbaiki semuanya, lalu galakkan promosi,” tambahnya menyarankan.

Dengan kreatifitas yang ditonjolkan setiap daerah, khususnya di Pulau Sumbawa, diyakininya akan berdampak baik. Sebab, tidak menutup kemungkinan, para pengunjung dunia yang berada di Lombok juga ingin mendapatkan sesuatu yang berbeda di Pulau Sumbawa.

Misalnya, destinasi pariwisatanya seperti di Sumbawa Barat dinilainya cukup banyak. Kemudian Sumbawa yang sangat terkenal dengan Pulau Moyo nya. Begitupun dengan Dompu hingga Bima. “Ya itu tadi, harus kreatif dan galakkan sisi promosinya,” tegasnya lagi.

“Sehingga mereka (wisatawan/pengunjung dari berbagai dunia) tahu, bahwa banyak hal juga di Pulau Sumbawa yang harus mereka kunjungi berhubung sedang berada di NTB,” tambah Nasir.

Baca Juga:  Hingga Hari Ini, NTB Berhasil Sabet 8 Medali Emas

JUNIOR MOTOGP : ADA TIKET GRATIS!

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, Gubernur NTB Zulkieflimasnyah belum lama ini tengah bertemu dengan pelaksana event Junior MotoGP. Kabar baik langsung muncul dalam pertemuan tersebut.

Dimana NTB akan memperoleh tiket gratis dari MGPA untuk semua vaksinator di NTB. Karena mereka telah berjuang tanpa kenal lelah untuk memperjuangkan agar vaksinasi di NTB terus meningkat mencapai target 70 persen.

Karena target 70 persen menjadi syarat utama dapat terselenggaranya beebagai event yang akan berlangsung di NTB. “Dengan peran para vaksinator kita akan berada di Level 1 dan siap menjadi tuan rumah event international ini,” jelas Bang Zul.

Tak hanya itu, NTB juga akan mendapat tiket gratis sebanyak 20 ribu untuk para pelajar SMA dan SMK. Ini dengan tujuan agar mereka bisa secara langsung menyaksikan event tersebut di sirkuit kebanggaan NTB dan Indonesia tersebut. “Sehingga rasa memiliki terhadap event ini terasa di hati kita,” tutupnya. (red) 

Artikel sebelumyaEdy Sayangkan Sikap IDP : “Pelaporan Itu Semestinya Tidak Perlu Terjadi”
Artikel berikutnyaDiskominfotik Dukung Program Kerja PR Ambasador NTB