HEADLINE

Kehadiran Smelter Harus Memberikan Multiplier Effect

67

NUSRAMEDIA.COM — Kehadiran rencana pembangunan smelter tentunya sangat diharapkan oleh masyarakat dan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sumbawa Barat.

Sebab dengan kehadiran smelter, diyakini akan menjadi daya pendongkrak perekonomian, khususnya di Kabupaten Sumbawa Barat (KSB).

Oleh karenanya, Anggota DPRD NTB asal Dapil V Sumbawa-Sumbawa Barat, Muhammad Nasir mendorong agar pembangunan smelter dapat disegerakan.

“Kita dorong betul pembangunan smelter ini supaya benar-benar dibangun. Karena kita harapkan akan menjadi daya ungkit ekonomi,” ujarnya, Senin (25/10) di Mataram.

“Dan kita harapkan juga dengan adanya smelter ini bisa memberikan multiplier effect. Karena (kehadiran smelter) ini sudah ditunggu-tunggu,” tambah Muhammad Nasir.

Baca Juga:  Bukan Hanya MotoGP, MXGP Juga Akan Digelar di NTB

Menurut politisi Partai Amanat Nasional (PAN) itu, masyarakat dan Pemkab Sumbawa Barat menyambut baik rencana pembangunan smelter.

Karena disadari, sambung dia, kehadiran smelter akan mampu memberikan sebuah perubahan. Terutama menjanjikan peningkatakan taraf hidup masyarakat.

“Intinya, masyarakat dan pemda sudah sangat welcome. Karena masyarakat sadar betul akan ada multiplier effect yang luar biasa dari dari smelter ini,” kata Nasir.

Pria yang dikenal santun dan ramah ini juga meminta kepada pemerintah daerah setempat maupun provinsi agar mengawal pemnangunan smelter.

Baca Juga:  SE Gubernur NTB Dipastikan Hoax

“Karena secara tehnis sudah tidak ada masalah lagi. Tinggal tindaklanjut dari perusahaan saja, bolanya di perusahaan yaitu PT AMNT,” kata Nasir.

“Karena ini amanat undang-undang, bahwa harus ada proses hilirisasi industri tambang itu,” tambah Legislator Udayana ini.

Oleh karenanya, mantan Ketua DPRD KSB itu mendorong agar Pemkab Sumbawa Barat mulai dari sekarang bergerak merencanakan segala sesuatunya.

Yaitu mempersiapkan masyarakat supaya bisa menangkap peluang atas kehadiran semelter tersebut. Salah satunya, dengan menyiapkan keterampilan masyarakat KSB.

“Harus disiapkan, penyiapan tenaga terampil seusai dengan kebutuhan, supaya masyarakat jadi bagian dari semelter ini. Sehingga mengurangi pengangguran dan terjadi gini rasio kita makin bagus,” kata Nasir.

Baca Juga:  Pulau Sumbawa Dapat Apa? Akhdiansyah : Kita Dapat Samota, Kembangkan!

“Efek ekonomi regional dapat manfaat luar biasa. Itu sebabnya Pemprov membuat tim percepatan pembangunan smelter itu juga,” tambah Anggota Komisi III DPRD NTB ini.

Menurut dia, Pemkab Sumbawa Barat harus menangkap peluang ini. Kemudian melakukan identifikasi pekerjaan apa yang sangat dibutuhkan.

“Nah, kemudian secara paralel pula didik masyarakat sesuai kebutuhan. Sehingga pada saat operasi, tidak ada alasan lagi perusahaan untuk tidak menggunakan SDM lokal,” tutup Muhammad Nasir. (red) 

Artikel sebelumyaRancangan KUA-PPAS APBD 2022 Diserahkan ke DPRD NTB
Artikel berikutnyaTujuh Kepala Dinas lingkup Pemkab Sumbawa Segera Dilantik