HEADLINE

KMP Dharma Rucitra Nyaris Tenggelam di Padangbai

NUSRAMEDIA.COM, DENPASAR — Diduga mengalami kebocoran di bagian lambung kapal, KMP Dharma Rucitra III nyaris tenggelam di Pelabuhan Padangbai, Jum’at (12/6) sekitar pukul 21.50 Wita.

Posisi kapal saat itu, sudah berada dalam posisi miring. Kapal dengan bobot 1.444 gross ton itu berangkat dari Pelabuhan Lembar.

Berdasarkan laporan kronologis yang diterima Kantor Pencarian dan Pertolongan Denpasar (Basarnas Bali) menyebutkan bahwa dugaan sementara kapal naas tersebut bocor kurang lebih pada pukul 21.20 Wita.

Baca Juga:  Musyafirin Disebut Sangat Pantas Wakili Pulau Sumbawa di Pilgub NTB

Saat melakukan manuver untuk bersandar, kapal tersebut mengalami kemiringan. Air laut pun mulai masuk ke lambung kapal dan ketika hampir berhasil sandar kapal mengalami kegagalan mesin. Sehingga, lambung kapal menyentuh dasar dermaga dan miring ke sebelah kanan.

Gede Darmada selaku Kepala Kantor Basarnas Bali mengatakan bahwa KM Dharma Rucitra III mengangkut 66 orang, yang terdiri dari 43 orang penumpang, 5 orang pedagang di kapal dan 18 ABK.

“Seluruh POB terevakuasi dalam keadaan selamat dan langsung melakukan pengecekan kesehatan oleh pihak KP3 Pelabuhan Padangbai,” jelas Darmada.

Baca Juga:  Mo-Novi Terus Upayakan Peningkatan Kualitas Infrastruktur di Sumbawa

Pelapor atas nama Darma, Polair Padang Bali juga menyebutkan ada beberapa kendaraan yang terjebak di dalam kapal diantaranya 10 unit truk besar, 3 unit truk sedang, 3 unit kendaraan kecil, 8 unit tronton dan 5 unit roda dua.

Gede Darmada bersama Kepala Seksi Operasi Basarnas Bali mendatangi langsung tempat kejadian dan memastikan seluruh POB telah terevakuasi dan melihat kondisi kapal yang saat itu sudah 50% tenggelam.

“Penyebab kapal alami kejadian tersebut masih dalam proses penyelidikan pihak yang berwenang,” tutup Kepala Kantor Basarnas Bali. (red) 

Baca Juga:  PKB Persilahkan Cakada Berkomunikasi dengan DPW dan DPC se-NTB