HEADLINE

Mantapkan Program Strategis, Semua Mata Bakal Tertuju ke NTB

NUSRAMEDIA.COM, MATARAM – Siapa yang tak kenal dengan keindahan alam di Nusa Tenggara Barat. NTB yang terdiri dari dua pulau besar yaitu Lombok dan Sumbawa memiliki beragai potensi luar biasa, terutama dari sisi keindahan khas alamnya.

Gubernur Nusa Tenggara Barat, H Zulkieflimansyah.

Tak heran rasanya, jika kini semua mata mulai tertuju ke bumi NTB. Berbagai wisatawan domestic maupun dari berbagai negara dibelahan dunia ini terpesona dengan keindahan NTB. Lombok adalah pulau yang dikenal dengan sebutan ‘Pulau Seribu Masjid’.

Keramahan, kerukunan dalam kerberagaman, tradisi maupun adat istiadat menjadi warna tersendiri. Perpaduan antara keindahan alam dan warga NTB seakan menjadi magnet tersendiri yang menarik berbagai wisatawan untuk berkunjung di daerah ini.

Terlebih dengan adanya perhelatan akbar olahraga bergengsi kelas dunia yakni MotoGP di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika, Lombok Tengah, NTB akan menjadi pusat perhatian dunia. Kini pemerintah telah memulai serangkaian pembangunan sirkuit. Tentunya hal ini dapat menjadi salah satu potensi yang berdampak besar bagi dunia pariwisata Lombok, NTB umumnya.

Tak hanya Lombok, Pulau Sumbawa pun yang terdiri dari lima kabupaten/kota seperti Sumbawa Barat, Sumbawa, Dompu, Bima dan Kota Bima juga menyimpan berbagai keindahan alamnya, destinasi wisata tak kalah dengan daerah lainnya yang ada di Pulau Lombok. Pulau Sumbawa kerap disebut-sebut sebagai ‘Surga Tersembunyi dengan Sejuta Pesona’. Itu dikarenakan, berbagai keindahan alamnya seakan malu untuk menunjukkan dirinya.

Namun seiring berjalannya waktu, segala potensi keindahan tersembunyi itu kini perlahan mulai terkuak. Mata dunia yang awalnya hanya melihat, kini perlahan sudah mulai menyapa Pulau Sumbawa secara terang-terangan. Itu dibuktikan dengan banyaknya kunjungan para wisatawan domestic maupun asing dari berbagai negara. Bahkan jauh sebelumnya, mungkin masih banyak yang belum mengetahui bahwa disalah satu daerah di Pulau Sumbawa memiliki cerita tersendiri akan potensinya.

Sebut saja salah satunya yaitu Kabupaten Sumbawa. Di Sumbawa telah tercatat banyak pesohor atau selebriti dunia menginjakkan kakinya untuk memburu keindahan di ‘Tana Samawa’, salah satunya di di Pulau Moyo.

Pulau Moyo yang berada di sebelah utara Sumbawa ini diibaratkan surga tropis yang indah. Sehingga tak heran, pesohor dunia memburu pulau itu. Adapun sejumlah rentetan pesohor dunia yang dating secara langsung seperti mendiang Putri Diana, David Beckham, Maria Sarapopa, Mick Jagger, Edwin Van Der Sar pernah berkunjung di daerah itu. Termasuk artis kekinian seperti bintang korea Rain dan Kim Tae Hee dan lainnya.

Baca Juga:  Fraksi PKB Soroti Realisasi Pembangunan Jembatan Putus

Lombok dan Sumbawa pada dasarnya memiliki keindahan khas. Kendati demikian, semua potensi keindahan dari sisi keragaman dan keindahan yang dimiliki nyaris serupa. Jika mengulas secara rinci potensi yang ada di Pulau Lombok dan Sumbawa, mungkin tak akan ada habisnya untuk dibahas secara tuntas. Secara umum, Lombok-Sumbawa memiliki gambaran yang sama seperti keindahan pantai/laut serta isinya, air terjun, pegunungan, tradisi, adat istiadat/budaya, bahkan pulau-pulau (Gili) kecil menjadi rona warna yang tak terpisahkan antara Lombok-Sumbawa.

Apakah NTB Gemilang dibawah kepemimpinan Zul-Rohmi akan terwujud? Maka jawabannya, Insya Allah akan terwujud! Karena semuanya hanya persoalan waktu. Sebab pemerintah dengan menggandeng berbagai pihak terus berupaya merealisasikan apa yang menjadi harapan tersebut. Seperti kata motivasi dan optimis yang selalu diungkapkan Pemimpin NTB saat ini, ‘Bukankah Perjalanan Panjang Harus Dimulai dengan Langkah Pertama?’.

Kepada media ini, Rabu (18/9) di Mataram, Gubernur NTB H Zulkieflimansyah mengungkapkan bahwa pihaknya (Pemprov NTB) terus berupaya dalam melakukan sebuah perubahan yang lebih baik, tak hanya pada bidang pariwisata tapi juga disemua sector.

Menurutnya suatu perubahan, adalah hal yang penting untuk dilakukan. Setiap pemimpin kata dia, tentu menginginkan capaian terbaik dalam membangun sekaligus memajukan daerah dan rakyatnya. Maka dari itu, melalui berbagai program yang dicanangkan pemerintah provinsi diharapkan memberikan dampak besar dan nyata dimasa mendatang.

“Yang pasti kita semua menginginkan yang terbaik. Tapi semuanya membutuhkan proses, waktu, dan usaha. Untuk mewujudkan NTB Gemilang, bukan saja tanggungjawab pemerintah melainkan kita semua bersama-sama, karena tanpa adanya dukungan dan kerjasama dalam berkolaborasi maka akan sulit dicapai. Untuk itu, mari kita bersama – sama mewujudkannya,” kata Gubernur mengajak semua pihak untuk merealisasikan apa yang menjadi harapan bersama tersebut.

Ia juga mengungkapkan bahwa saat ini Pemprov NTB telah merancang serta menyusun berbagai program strategis NTB Gemilang 2019-2023. Adapun enam program strategis itu, meliputi pariwisata andalan dan strategis, industrialisasi, pengembangan daya saing SDM, NTB ramah investasi, pengembangan konektivitas dan aksesibilitas wilayah NTB, kemudian NTB bersih dan berkelanjutan. Sehingga manfaatnya bisa dirasakan langsung oleh masyarakat.

Baca Juga:  Sekda Fokus Wujudkan Visi SGB

“Berbagai program itu sudah kami bahas (Rapim, Selasa 17/9 di RRU Kantor Gubernur NTB). Karena untuk melakukan pengembangan semua program strategis ini dibutuhkan juga strategi yang bagus untuk disusun secara bersama-sama. Alhamdulillah, dari hasil pembahasan kemarin sudah baik, tinggal bagaimana dimaksimalkan saja. Kalaupun ada hal-hal yang kurang, kita musyawarah secara bersama-sama,” ungkap pemimpin NTB yang dikenal ramah itu.

NTB Gemilang yang menjadi harapan bersama rakyat NTB nampaknya bukan hanya ciutan semata. Sebab, cahaya gemilang NTB dibawah kepemimpinan Zul-Rohmi kini perlahan mulai nampak. Berbicara kurun waktu dengan resminya menjabat duo doctor itu sebagai pemimpin NTB, patut diapresiasi. Betapa tidak, baru kurun waktu satu tahun berbagai hal sudah mulai mencuat.

Khsusus di sector pariwisata, Gubernur NTB, H Zulkieflimansyah menegaskan bahwa pariwisata juga berperan penting dalam mendongkrak pendapatan daerah. Untuk itu, menurut dia, diperlukan sebuah strategi jitu dalam menyusun segala sesuatunya pengembangan daerah wisata di NTB. “Karena seperti kita ketahui bersama, sector pariwisata memiliki peran startegis yang dapat mendorong peningkatan pendapatan NTB,” ucapnya.

Ia juga menginginkan agar destinasi wisata dapat dipromosikan melalui media social dengan visualisasi gambar maupun video yang menarik. Sehingga meningkatkan sector pariwisata. Sejauh ini kata dia, pariwisata mulai menggeliat. Terlebih dengan adanya beberapa item fokus baru yang bisa menjadi potensi besar di NTB dimasa yang akan datang.

“NTB ini luar biasa dan harus kita kembangkan dan majukan bersama-sama. Lombok-Sumbawa memiliki potensi besar. Seperti di Pulau Sumbawa kita punya Samota (Teluk Saleh, Pulau Moyo dan Tambora), Tambora Geopark Nasional dan sebagainya. Begitu juga di Pulau Lombok, kita punya potensi destinasi wisata yang luar biasa. Contoh mandalika, disana akan ada MotoGP dan itu akan menjadi potensi besar NTB untuk meningkatkan sektor pariwisata. Juga pengembangan Wisata Halal Kelas Dunia, dan penanggulangan kemiskinan dengan pendekatan Community Based Tourism,” kata orang nomor satu di NTB itu.

Baca Juga:  ORI NTB Temukan Penyimpangan Dalam Seleksi PPPK Bima 2023

Lebih lanjut ditegaskannya, bahwa visi dan misi NTB Gemilang tidak hanya diusung oleh pemerintah provinsi saja, namun bisa juga diaplikasikan oleh kabupaten/kota di Nusa Tenggara Barat. Selain sector pariwisata, Menurut dia, melalui industri pengolahan dan permesinan, nilai tambah bahan baku/mentah dapat ditingkatkan. Dengan demikian, warga NTB tidak lagi menjual bahan mentah, tetapi diolah menjadi barang setengah jadi atau barang jadi.

“Industralisasi bukan identik dengan pabrik-pabrik besar, dengan mengusahakan hasil produk/jualan yang mentah untuk ditingkatkan menjadi barang setengah jadi atau barang jadi kemudian dijual di daerah sendiri,” jelasnya.

Begitu pula dengan pengembangan daya saing sumber daya manusia (SDM) di NTB yaitu dengan menjalankan program beasiswa NTB ke beberapa negara di luar negeri, juga dengan melakulan revitalisasi posyandu dengan tujuan mengoptimalkan fungsi dan strata Posyandu.

Revitalisasi SMK juga diharapkan dapat mendongkrak kualitas tenaga kerja NTB dan memberikan dampak positif terhadap peningkatan mutu SMK dengan dua orientasi baru. Gubernur mengatakan salah satu bentuk pengembangan konektivitas yang saat ini sangat membantu yaitu adanya direct flight dari Perth ke Lombok sehingga meningkatkan wisatawan mancanegara datang ke NTB.

“Selain itu juga pembangunan by pass dari BIL ke Kuta untuk menunjang event internasional MotoGP merupakan bentuk pengembangan yang akan diupayakan rampung sebelum event berlangsung,” ujarnya.

Karena itu, untuk mendukung terencananya program-program strategis tersebut, pengelolaan sampah berbasis pengurangan jumlah sampah harus terus diupayakan. Pengurangan sejumlah sampah dengan cara daur ulang sampah dan mengubah sampah menjadi sesuatu yang bernilai jual merupakan salah satu upaya agar NTB dapat bersih dan berkelanjutan.

Lebih jauh dikatakan Bang Zul, ketika terjadi perubahan pada pelaksanaan program, harus segera dilakukan musyawarah dan diselesaikan sesegera mungkin. “Semua pihak harus duduk bersama untuk menyelesaikan berbagai hal, utamanya jika terjadi masalah,” kata Gubernur sembari mengaku optimis NTB Gemilang akan terwujud dan menuai perubahan jauh lebih baik lagi dimasa yang akan datang. (NM1) 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini