HEADLINE

Mendagri : Jangan Pilih Calon Kepala Daerah yang Tak Peduli Corona!

NUSRAMEDIA.COM, MATARAM — Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian menyarankan agar masyarakat tidak memilih calon kepala daerah yang tidak mematuhi protokol kesehatan COVID-19 pada Pemilihan Kepala Daerah Serentak 2020.

Demikian hal itu dikatakan Mendagri Tito Karnavian didampingi Gubernur NTB kepada wartawan saat berkunjung ke Provinsi Nusa Tenggara Barat, Selasa 21 Juli 2020 di Mataram.

Khusus di NTB, dia meminta semua pihak, termasuk kontestan dan tim sukses mesti mematuhi protokol kesehatan selama mengikuti tahapan Pilkada 2020. “Kalau ada calon kepala daerah yang tidak peduli protokol COVID-19, ya jangan dipilih,” kata Tito menegaskan.

Baca Juga:  ASN Diminta Jangan Tambah Libur : "Kalau Tidak Masuk Diberikan Sanksi"

Menurut dia, dengan dilaksanakannya Pilkada dimasa pandemi COVID-19, maka kata dia, konsekuensi pelaksanaan pesta demokrasi di 270 daerah itu, termasuk di NTB tentunya akan dilaksanakan sesuai dengan protokol kesehatan yang ketat.

Semua tahapan telah diatur melalui Peraturan KPU dan Peraturan Bawaslu yang telah disetujui oleh DPR dan Pemerintah, setelah melalui konsultasi dengan Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19.

“Kemudian sudah diatur juga protokol-protokol sampai dengan pemungutan suara nanti, termasuk kampanye tidak boleh ada arak-arakan, tidak boleh ada konvoi-konvoi, dibatasi jumlahnya, kalau saya tidak salah 50 orang ya dalam rapat pertemuan terbatas,” ucapnya.

Baca Juga:  Mo-Novi Terus Upayakan Peningkatan Kualitas Infrastruktur di Sumbawa

Oleh karena itu, Mendagri berharap pilkada lebih mengarah pada ajang menggaungkan topik dan isu penanganan COVID-19 beserta dampak sosial ekonominya.

“Nah, ini semua diatur agar pilkada tidak menjadi media penularan, maka tolong diangkat topiknya nanti adalah peran kepala daerah dalam penanganan COVID-19 dan dampak sosial ekonominya,” tutur Mendagri.

Kalau topik tersebut menurut dia bisa diangkat, maka akan memberikan dampak mobilisasi gerakan besar oleh para penyelenggara, kontestan, pengamanan dari TNI-Polri mendisiplinkan masyarakat dalam rangka untuk mencegah penularan corona virus.

Baca Juga:  Pendaftar di BLK Sumbawa Tinggi Peminat

Sekedar informasi, Selasa (21/7) hari ini, Menko Polhukam, Mendagri, Panglima TNI, Kapolri dan Wakil Ketua DPD RI berkunjung ke Provinsi Nusa Tenggara Barat.

Kedatangan mereka disambut langsung oleh Gubernur dan Wakil Gubernur serta Forkopimda NTB. Pertemuan para petinggi ini berlangsung di Gedung Graha Bhakti Praja lingkup Kantor Gubernur NTB.

Ini dalam rangka Mensukseskan Pilkada serentak 2020. Kemudian berkaitan pula dengan Kedisiplinan Masyarakat Taat Protokol COVID-19 dan Terlaksananya Program Obyek Vital Nasional di Provinsi NTB. (red)