HEADLINE

Pers Berperan Penting dan Strategis Sukseskan Vaksinasi di NTB

82
Keterangan Foto : Mewakili Sekda NTB, Staf Ahli Gubernur Bidang Ekonomi, Keuangan, Infrastruktur dan Pembangunan, H Wirawan membuka secara resmi giat workhsop yang dilaksanakan Diskominfotik NTB bekerjasama dengan Unicef, Selasa (19/10/2021) di Mataram.

NUSRAMEDIA.COM — Dinas Kominfotik Provinsi NTB bekerjasama dengan Unicef menggelar kegiatan Workshop di Hotel Lombok Plaza, Selasa (19/10/2021) di Mataram. Adapun tema yang diangkat dalam kegiatan itu, yakni “Peran Jurnalis Dalam Upaya Peningkatan Cakupan Vaksinasi COVID19 Nusa Tenggara Barat”.

Mewakili Sekda NTB, Staf Ahli Gubernur Bidang Ekonomi, Keuangan, Infrastruktur dan Pembangunan, H Wirawan membuka secara resmi kegiatan workshop tersebut. Dikesempatan itu, Wirawan menegaskan bahwa ada beberapa hal penting untuk diketahui bersama. Dampak COVID19 dinilainya luar biasa.

Terutama dari sisi perekonomian daerah. Menurut dia, pandemi sempat melemahkan ekonomi, bahkan terkurasnya anggaran daerah diperuntukan bagi penanganan COVID19 di NTB. Hal ini tidak hanya dirasakan oleh NTB, tapi juga daerah lainnya di Indonesia bahkan dunia. Meski demikian, berkat kekompakkan bersama COVID19 di NTB mulai melandai.

Baca Juga:  Pulau Sumbawa Dapat Apa? Akhdiansyah : Kita Dapat Samota, Kembangkan!

Kabar baiknya, kata Wirawan, NTB kini sudah mulai masuk pada PPKM Level 1. Artinya, ada sebuah perubahan yang baik cukup signifikan untuk daerah. “Kunci pemulihan ekonomi sangat tergantung jika kita berhasil menangani COVID19 dengan baik. Maka ekonomi akan kembali (baik). Maka kuncinya tidak ada yang lain kecuali vaksinasi,” kata mantan Kepala BPKAD Sumbawa tersebut.

Selain itu, dikatakan Wirawan, adapun hal yang tak kalah pentingnya dalam mensukseskan program vaksinasi ini, yaitu sisi kesadaran dan kepedulian dari masyarakat NTB sendiri. “(Mulai dari) diri kita sendiri, kemudian keluarga kita, teman-teman kita dan seluruh masyarakat. Nah, di dalam meningkatkan kepedulilan inilah teman-teman pers/jurnalis perannya sangat penting,” ungkapnya.

Baca Juga:  Gubernur NTB Akan ke Abu Dhabi Perjuangkan F1

Berdasarkan kacamatanya, peran pers/jurnalis di NTB sudah sangat luar biasa dalam berkolaborasi. Terutama dalam memberitakan hal baik terkait vaksinasi selama ini. “Jadi sekali lagi, teman-teman pers/jurnalis memiliki peran yang sangat penting dan strategis dalam rangka melandaikan penyebaran COVID ini dengan semakin gencar melakukan publikasi berkaitan dengan dampak vaksinasi,” kata Wirawan.

Oleh karenanya, ia berharap sinergi dan kolaborasi antara Pemerintah Provinsi NTB dan pers atau stakeholder lainnya diharapkan terus terjalin baik. Bila perlu terus ditingkatkan. Melalui kesempatan itu, pria yang dikenal santun dan ramah itu juga menyampaikan salam dari Sekda NTB kepada Dinas Kominfotik dan Unicef serta pers mengapresiasi tinggi atas terselenggaranya kegiatan tersebut.

Baca Juga:  Bukan Hanya MotoGP, MXGP Juga Akan Digelar di NTB

“Ini adalah bagian dari sinergi antara pemerintah dan stakeholder lain dalam rangka menyukseskan program strategis pemerintah yaitu vaksinasi. Selamat melaksanakam workshop dan secara resmi saya (mewakili Sekda NTB) membuka kegiatan ini,” demikian Wirawan.

Untuk diketahui, kegiatan ini juga turut diikuti langsung oleh Kepala Dinas Kominfotik NTB, Dr Najamuddin Amy, pihak Unicef, Asisten III Setda NTB, Nurhandini Eka Dewi, pihak Dinas Kesehatan (Dikes) NTB dan sejumlah wartawan. (red) 

Artikel sebelumyaDispar dan BPPD Diminta Tidak Lelet Promosikan Pariwisata NTB
Artikel berikutnyaKMP Wicitra Dharma Kandas