HEADLINE

Rusli Manawari : “Jangan Sampai Rugikan Rakyat”

97

MATARAM — Sejumlah kepala keluarga (KK) yang terjebak akibat kesulitan akses jalan keluar masuk berada di area sirkuit Mandalika terus mendapat perhatian dari berbagai pihak.

Setelah sejumlah pihak, kini giliran Rusli Manawari Anggota DPRD Provinsi NTB dari Fraksi Partai Persatuan Pembangunan (PPP) angkat bicara.

Ia meminta kepada pihak ITDC agar segera bersikap dan tidak abai dengan persoalan yang ada. Menurut Rusli, setiap persoalan harus disikapi cepat.

Sehingga menuai solusi serta tidak terkesan berlarut-larut. Terlebih tidak lama lagi NTB akan menggelar event kejuaraan balapan motor dunia di Sirkuit Mandalika.

Yakni seperti gelaran World Superbike (WSBK) tahun ini dan MotoGP pada 2022 mendatang. Oleh karenanya, event tersebut harus berjalan lancar sebagaimana harapan semua pihak.

Tentu, kata dia, dengan tidak mengabaikan setiap persoalan yang ada. Terutama, soal warga yang berada di Dusun Ebunut dan Ujung Lauq Desa Kuta, Kecamatan Pujut yang terjebak di area sirkuit.

“(Masalah) ini harus selesai. Seharusnya pihak ITDC harus cepat mengambil sikap. Supaya ada solusi,” kata politisi PPP yang dikenal cukup vocal ini.

Baca Juga:  Peserta SKD CPNS NTB Diminta Percaya dengan Kemampuan Diri

Dia menyarankan, dalam menuntaskan persoalan ini, harus dilakukan dengan cara yang baik. “Harus duduk bersama dengan masyarakat bersangkutan,” saran Rusli.

Saran tersebut diyakininya akan membuahkan hasil atau jalan keluar terbaik. Karena dengan komunikasi yang baik, kata Rusli, akan melahirkan jalan keluar.

“Duduk bersama, agar apa yang sebenarnya menjadi persoalan menuai solusi,” tambah Legislator Udayana asal Dapil 5 Sumbawa-KSB ini.

Berdasarkan informasi yang diperolehnya, bahwa persoalan ini sebenarnya tidak ada masalah lagi. Tinggal bagaimana sikap kejelasan dari ITDC saja.

Kalaupun warga harus tetap dikawasan tersebut, mininal diperhatikan kesejahteraannya. Atau, kata dia, diberdayakan.

Atau bisa, sambung Rusli, area ditempat warga dibuatkan homestay. Kemudian kalaupun mereka harus pergi, tentu harus difikirkan segala sesuatunya.

“Tapi saya dengar juga, pihak masyarajat sebenarnya sudah tidak ada masalah lagi, asal sesuai saja. Bahkan dibuat homestay pun mereka kan mau,” katanya.

“Dijaga kesejahteraan mereka. Tinggal sekarang ITDC mau atau tidak dan ada dana atau tidak?. Jadi perlu duduk bersama dikomunikasikan secara baik agar ada solusi untuk kebaikan bersama,” tegasnya lagi.

Baca Juga:  Satgas Terjunkan Tim Fokus Lakukan Perbaikan Data Tata Kelola Aset di Gili Trawangan

Disisi lain, ia mengaku belum mengetahui seperti apa sikap pemerintah daerah dalam menyikapi persoalan ini.

Meski demikian, ia berharap dan mendorong pemda agar membela hak rakyat. “Tugas pemerintah itu membela masyarakat dan tidak boleh menyingkirkan masyarakat,” tegas Rusli.

“Mereka (warga diarea sirkuit mandalika) punya kejelasan. Pemerintah harus punya sikap tentang kebijakannya,” imbuhnya.

Oleh karenanya, ia berharap pemda dapat melakukan yang terbaik dan hadir ditengah mereka.

Sehingga persoalan segera terselesaikan dengan baik sesuai harapan. “(Pemerintah) jangan sampai merugikan rakyat. Cari jalan keluarnya,” demikian Rusli Manawari.

Sekedar informasi, menyikapi persoalan ini Pemprov dalam hal ini Gubernur NTB Dr H Zulkieflimansyah tidak menutup mata.

Bahkan secara cepat, gubenur langsung terjun kelapangan melakukan pengecekan dan menyerap aspirasi warga didampingi istrinya beberapa waktu lalu.

Gubernur malah dengan tegas, meminta pihak ITDC segera berkomunikasi secara kekeluargaan dengan warga.

Sehingga, diharapkan setiap persoalan yang ada segera disikapi. Pasalnya, gubernur sendiri telah melihat secara langsung situasi kondisi di area tersebut.

Baca Juga:  Gerindra Siapkan Pendampingan Hukum untuk Wabup Danny

Meski telah dihadirkan tunnel (terowongan) I dan II sebagai akses keluar masuk warga, namun tidak bisa digunakan maksimal.

Hal itu dikarenakan, volume air yang menggenangi terowongan akibat rembesan cukup tinggi. Oleh karenanya, ITDC atau pihak terkait agar segera bersikap mencari jalan keluar terbaik secara bersama-sama.

Dengan tegas, gubernur pun sangat mendukung sebuah oembangunan. Namun, kata dia, tentu dengan tidak mengabaikan apalagi mengorbankan masyarakat.

Untuk diketahui pula, kabar terbarunya, Gubernur NTB juga telah menemui Presdir ITDC membicangkan soal persiapan gelaran balapan dunia tersebut.

Termasuk, kata Gubernur Zulkieflimansyah, juga membicarakan terkait persoalan yang ada. Baik iti didalam maupun diluar sirkuit Mandalika.

Pada dasarnya, secara bersama mencari solusi setiap permasalahan yang ada. Khususnya di Mandalika. Karena, ia meyakini dengan adanya keterbukaan dan kebersamaan akan melahirkan solusi demi kebaikan bersama.

Bahkan Bang Zul dengan tegas menyatakan, apapun alasannya, semangat dasarnya tetap rakyat harus dilindungi dan tak boleh menjadi korban. (red) 

Artikel sebelumyaKELUARGA BESAR DPRD NTB : DIRGAHAYU LOMBOK TIMUR KE-126
Artikel berikutnyaPemprov NTB Dorong Kolaborasi Hasilkan Konten Tayangan Berkualitas