HEADLINE

Zul Dinilai Totalitas Memimpin NTB

139
Sekretaris Komisi V sekaligus Ketua Fraksi PKS DPRD NTB, TGH Patompo Adnan (kiri) dan Gubernur NTB, Dr H Zulkieflimansyah (kanan).

NUSRAMEDIA.COM — Tak sedikit pihak yang mengakui pola kerja Gubernur Zulkieflimansyah yang nampak totalitas dalam memimpin Nusa Tenggara Barat. Ruang kerja nyaman dibarengi fasilitas lengkap ber AC, kursi empuk dan lain sebagainya namun terbilang cukup jarang dinikmati.

Pasalnya, Gubernur Zul lebih cenderung berada diluar dan memilih memperbanyak silaturahim berkumpul bersama masyarakat. Selain ingin melihat sikon secara langsung dilapangan, menyerap keluh kesah dan harapan masyarakat jauh lebih penting bagi dirinya untuk diutamakan.

Meski ditengah pandemi COVID19, Zul boleh dikatakan bekerja tiada henti siang malam tanpa mengenal waktu. Bahkan dihari liburpun ia tetap bekerja dan menyambangi masyarakat disetiap plosok NTB. Tak heran jika banyak yang menyukai dan merindukan kehadirannya. Karena sedari awal memimpin hingga saat ini ia tetap istiqomah menyapa masyarakat secara bergantian.

Sikap santun dan kerendahan hatinyalah yang nampak memantaskannya sebagai sosok pemimpin yang didambakan rakyat. NTB terbilang beruntung memiliki Zul, selain cerdas dan muda, ia memiliki koneksi yang luas. Sehingga memudahkan NTB terus bergerak dalam sebuah perubahan perlahan tapi pasti.

Buktinya berbagai program unggulan dibawah kepemipinannya, meski ditengah pandemi COVID19 saat ini terus berjalan. Salah satunya, program 1000 cendekia atau beasiswa pengiriman putra/i NTB untuk mengenyam pendidikan di luar negeri. Bahkan belum lama ini, ada pemberangkatan awardee S2 ke Eropa (Polandia).

Program ini cukup menuai respon yang positif dari berbagai kalangan. Sejumlah awardee belum lama ini diberangkatkan pada 30 September 2021 lalu. Program ini dinilai sebagai program yang sangat bagus, yakni sebuah investasi Sumber Daya Manusia (SDM).

Baca Juga:  Gubernur NTB : "Insya Allah, Bonus Kita Berikan Tanggal 28 Oktober"

Program seperti ini, jika dilihat dalam hitungan politik maka sangat jauh. Namun rupanya Gubernur NTB tidak menggunakan kacamata politik dalam program tersebut. Namun lebih pada investasi masa depan, yaitu SDM NTB yang lebih unggul. Menurut Zul, pemimpin masa depan itu harus diisi oleh orang yang berkapasitas tinggi.

Karena, tata kelola kepemimpinan itu dinahkodai oleh orang-orang yang memiliki ilmu dan pengalaman luas. Dan bukan terjebak pada emosional semata. Secara garis besar, siapa cakap dia yang memimpin dan salah satunya dengan memperluas ilmu, pergaulan dan pengalaman dengan dunia luar.

Sejak awal pemerintahannya, sudah ada sekitar 595 awardee yang dikirim ke luar negeri. Dan optimis pada tahun 2024 mendatang, jumlah 1000 awardee yang menjadi target akan terkirim. Ini menjadi bukti bahwa Zul sangat serius membangun NTB khususnya dibidang SDM.

Disisi lain khususnya didunia olahraga, kini NTB juga sedang berjuang pada PON XX Papua. Kabar baiknya, datang menghampiri NTB. Dimana atlet NTB dari cabang panjat tebing beregu puteri berhasil menyumbangkan medali emas perdana untuk NTB. Penganugerahan akan diberikan pada 4 Oktober mendatang. Dan rencananya, Gubernur akan hadir dalam penganugerahan terssbut sebagau bentuk motivasi bagi para atlet yang akan bertanding di PON XX Papua.

Beberapa hari terakhir ini pula, melihat lebih dekat apa yang menjadi masalah dan kebutuhan masyarakat NTB, Gubernur Zul juga tidak lelah untuk turun melebur dan berbaur dengan masyarakat. Bahkan menginap dirumah warga. Contoh seperti di daerah bagian paling timur NTB. Yaitu Sape, Bima dan Dompu di Pulau Sumbawa.

Baca Juga:  Selamat, Hari Ini NTB Panen Emas di PON Papua : Alhamdulillah!

Dimana kunjungan ini respon atas aspirasi dan keinginan masyarakat yang disampaikan via facebook. Gubernur NTB terbilang berani menggunakan sosial media sebagai sarana komunikasi dengan masyarakat. Bahkan hebatnya lagi, semua OPD diwajibkan mengaktifkan medsos untuk merespon setiap masalah masyarakat.

Masyarakat NTB nampak sangat menikmati keramahan dari Gubenur Zul. Bahkan berterimakasih atas apa yang sudah dilakukan Gubernur. Disisi lainnya pula, berkaitan dengan event internasional MotoGP yang kini sedang dipersiapkan dengan maksimal.

Diberbagai kesempatan, gubernur juga dengan tegas mengatakan bahwa kehadiran Sirkuit MotoGP di Mandalika adalah bukti bahwa NTB mampu menyelenggarakan event dunia bergengsi yang menjadi dambaan dan rebutan setiap negara. Sirkuit ini memiliki banyak keunikan, berada didekat pantai atau KEK Mandalika.

Para pebalap juga tentunya akan sangat penasaran seperti apa dan bagaimana nantinya sirkuit ini. Tak bisa dipungkiri, bahwa Gubernur NTB memiliki kemampuan komunikasi dan lobi yang hebat. Sehingga bisa memperkenalkan segala potensi NTB kepada dunia.

TGH Patompo Adnan selaku Sekretaris Komisi V DPRD NTB menegaskan sangat mendukung program beasiswa NTB. Bahkan ia mengaku juga sempat melepas keberangkatan para awardee di Bandara Lombok dan memberikan semangat kepada para penerima beasiswa NTB. “Mereka juga tidak lupa berterimakasih kepada Gubernur dan DPRD, khususnya Komisi V,” kata Patompo kepada media ini, Sabtu (2/10).

Baca Juga:  PON XX Papua : Luar Biasa, NTB Tembus Peringkat 9 Nasional!

Menurut para penerima beasiswa NTB saat itu, kutip Ketua Fraksi PKS ini, program tersebut diharapkan dapat terus berlanjut. Bahkan kehadiran program itu disambut baik. Karena dengan adanya program beasiswa NTB ini, mereka yang ekonomi lemah dapat menikmati pendidikan di luar negeri yang tidak pernah berani diimpikannya.

“Kita harap mereka bisa selesai (mengenyam pendidikannya) lebih awal. Dan kami di Komisi V berkomitmen mendukung program (Beasiswa NTB) ini,” kata anggota DPRD NTB jebolan asal Daerah Pemilihan (Dapil) Lombok Tengah tersebut.

Tak hanya itu, terkait dengan perhelatan PON XX Papua. Patompo menyatakan, NTB optimis dapat meraih medali sesuai target, yaitu 17 emas. Ia pun menyatakan salut terhadap Gubernur NTB yang tengah menjanjikan sejumlah bonus bagi para atlet sebagai motivasi.

“Salut sama gubernur akan memberikan bonus Rp 300 juta untuk setiap peraih medali emas. Ini motivasi dan keberpihakan yang luar biasa, dalam klasmen sementara atlet kita menunjukkan kualitasnya, Alhamdulillah semoga tercapai,” kata Patompo.

Kemudian soal sirkuit Mandalika. Menurut dia kehadiran event internasional itu sangat diinginkan oleh warga dunia. “Dan untuk ini Gubernur NTB menunjukkan kelasnya dalam meyakinkan pusat untuk menjadikan NTB sebagai tempat event internasional ini digelar. Salut, salut salut,” ujar Patompo semangat, sembari berharap semoga event World Superbike dan MotoGP membawa banyak manfaat dan keuntungan bagi NTB kedepan. (red) 

Artikel sebelumyaGelaran World Superbike dan MotoGP di NTB Ternyata Ada Syaratnya..!?
Artikel berikutnyaRohmi Nahkodai NasDem NTB