HUKRIM

Dua Dugaan Pelanggaran Pemilu Diteruskan ke Kepolisian

318

NUSRAMEDIA.COM, SUMBAWA — Dari beberapa laporan dugaan pelanggaran Pemilu yang diterima Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Sumbawa, dua antaranya sudah diteruskan ke pihak kepolisian pada pekan lalu.

Demikian diungkapkan Ketua Bawaslu Kabupaten Sumbawa, Syamsi Hidayat S.Ip kepada wartawan, Kamis (21/3).

“Beberapa laporan maupun temuan yang kita terima ada yang sudah diproses sampai ke tingkat penyidikan dan itu sudah kita limpahkan ke pihak kepolisian,” ujar Syamsi.

Kedua kasus tersebut terjadi di Kecamatan Moyo Utara yang melibatkan oknum peserta Pemilu atau calon legislatif (Caleg) yang diduga melakukan money politik.

Sementara pelanggaran lainnya terjadi di Kecamatan Orong Telu yang melibatkan salah satu oknum Kepala Desa yang diduga memberikan dukungannya dalam bentuk kampanye terhadap Caleg tertentu.

“Kami dalam hal-hal melakukan itu dari hasil investigasi dan klarifikasi menganalisa dan membahas di Sentra Penegak Hukum Terpadu akhirnya itu dapat kita tindaklanjuti ke penyidikan yaitu pelimpahan tindak pelanggaran ini ke pihak kepolisian. Sekarang sudah ditangani di kepolisian,” terangnya.

Selain dua kasus tersebut, jelas Syamsi, pihaknya tidak dapat menindaklanjuti laporan dugaan pelanggaran Pemilu lainnya.

Karena memang unsur yang mengarah pada tindak pelanggaran tidak terpenuhi, termasuk dengan saksi dan bukti. Sehingga pihaknya harus menghentikan proses penyidikan.

“Kita wajib hukumnya menindaklanjuti. Dan apabila belum terpenuhi syarat dariapada syarat formil dan materilnya kita beri kesempatan kepada pelapor itu untuk melengkapi persyaratan tersebut untuk bisa ditindaklanjuti, untuk kita register menindaklanjuti terhadap penelusuran dugaan tindak pelanggaran tersebut,” tutupnya. (NM3)

Artikel sebelumyaTim Wasev TMMD Gelar Pertemuan dengan Masyarakat
Artikel berikutnyaMendesak, TPA Wilayah Timur Diupayakan Segera Terealisasi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here