HUKRIM

Esty Setyo Nugroho Gantikan Widy Saputra

324

LOMBOK TENGAH — Senin (26/7) kemarin, menjadi hari terakhir AKBP Esty Setyo Nugroho sebagai Pimpinan Tertinggi Polres Lombok Tengah. Ini berdasarkan Surat Telegram Rahasia (STR) dengan Nomor : ST/1506/VII/KEP./2021.

STR itu ditandatangani oleh Wakapolri Komjen Gatot Eddy Pramono atas nama Kapolri, yang mana memerintahkan pria asal Banyuwangi tersebut untuk menempati posisi barunya sebagai Kapolres Sumbawa.

Menurut informasi, posisinya di Lombok Tengah akan digantikan oleh AKBP Hery Indra Cahyono yang sebelumnya menjabat Kasubdit IV Ditreskrimsus Polda NTB.

Sedangkan AKBP Widy Saputra yang menjabat sebagai Kapolres Sumbawa kini ditempatkan menjadi Kasubbaganevbinkar Baganev Rojianstra SSDM Polri.

Lebih dari satu tahun menjabat sejak Mei 2020, AKBP Esty betul-betul hampir tak pernah istirahat. Safari Kamtibmas ke tiap kecamatan bahkan desa, hingga mengisi sela waktunya dengan kerja-kerja sosial kemanusiaan.

Ditengah pandemi, pria yang pernah bertugas di Brimob ini justru semakin sibuk. Apresiasipun datang dari Ahmas Syamsul Hadi selaku Sekretaris NasDem Lombok Tengah.

“Partai NasDem sangat apresiasi dengan kerja Pak Esty selama jadi Kapolres Lombok Tengah. Ia sosok polisi yang dekat dengan semua kalangan,” katanya.

“Aksi-aksi sosialnya dalam masa jabatan singkatnya ini tentu akan sangat berbekas di hati masyarakat Lombok Tengah,” imbuh Ahmas Syamsul Hadi.

Malah, dia mengaku memperhatikan betul sepak terjang Esty selama menjabat di Loteng. Terutama soal situasi dan kondisi Kamtibmas dengan keterbatasan gerak akibat COVID19.

Bahkan, ia meyakini AKBP Esty sebagai Kapolres pasti membaca betul jika situasi ini bisa memicu munculnya aksi-aksi kriminalitas.

Terbukti dengan gerak cepatnya ia memerintahkan jajarannya mengungkap beberapa kasus pencurian motor dan beberapa kasus kriminaltias yang sempat mulai marak di medio bulan awal 2021.

“Kami memperhatikan bahwa Pak Esty berusaha tetap dan terus meningkatkan citra polisi yang tegas namun tetap humanis. Dikalangan pegiat sosial kemanusiaan Lombok Tengah, beliau ini sangat di kenal dekat. Aksi-aksi spontanitasnya patut diancungi jempol,” puji Ahmad.

Partai NasDem kini berharap, pengganti AKBP Esty bisa terus melanjutkan kerja-kerja positifnya. Di samping tentunya juga semakin giat memberantas tindak kriminalitas yang ada di wilayah Lombok Tengah.

Wilayah Lombok Tengah terdapat objek-objek vital nasional, dari bandara hingga Kawasan Ekonomi Khusus. Masyarakat tentu berharap Lombok Tengah dapat stabil dan terkendali.

Tak hanya itu, ia berharap Polisi tetap bisa memberi rasa aman dengan patroli untuk sebisa mungkin meminimalisir gangguan keamanan dan ketertiban.

“Kami sangat percaya pengganti beliau akan terus bisa melakukan itu. Untuk Pak Esty kami ucapkan selamat bertugas di tempat baru, semoga bapak menjadikan Lombok Tengah sebagai kenangan yang baik. Sukses dan sehat selalu,” tutup Ahmad. (red) 

Artikel sebelumyaNTB Kokoh di Peringkat III Nasional
Artikel berikutnyaKetersediaan Oksigen Mulai Menipis