HUKRIM

Polda NTB Gelar Rakor Dilkumjakpol

68

NUSRAMEDIA.COM, MATARAM — Kepolisian Daerah (Polda) NTB menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) Pengadilan, Kemenkumham, Kejaksaan dan Polisi (Dilkumjakpol) bersama Bawaslu dan KPUD NTB, kemarin di salah satu Hotel Kota Mataram.

Melalui Rakor Dilkumjakpol ini diharapkan dapat mewujudkan hukum yang profesional dan berkeadilan dalam rangka penanganan Pilkada Serentak Tahun 2020 ini.

Dikesempatan itu, Kapolda NTB Irjen Pol Tomsi Tohir menyampaikan bahwa tahun ini akan dilaksanakan Pilkada untuk 9 Pemilihan Gubernur, 224 Pemilihan Bupati dan 47 Walikota di seluruh Indonesia.

Khusus di lingkup NTB sendiri lanjutnya, ada tujuh kabupaten/kota yang akan melaksanakan Pilkada 2020. Yaitu untuk di Pulau Sumbawa ada Kabupaten Bima, Kabupaten Dompu, Kabupaten Sumbawa, Kabupaten Sumbawa Barat.

Sedangkan di Pulau Lombok akan terlaksana pada Kabupaten Lombok Tengah, Kabupaten Lombok Utara dan Kota Mataram. Dimana tahapannya sudah dimulai sejak Oktober 2019 lalu dan pelaksanaanya dimulai pada tanggal 23 September 2020.

Mengingat banyak permasalahan dalam pelaksanaan Pilkada serentak kata Kapolda NTB, seperti konflik internal parpol, konflik horizontal kelompok/pendukung, masifnya ujaran kebencian melalui medsos.

Kemudian, meningkatnya berita hoax dan munculnya gejolak protes atas hasil pelaksanaan Pilkada serentak yang membutuhkan pengamanan dan penanganan secara bersama-sama mengingat pada tahun 2018 ada 11 kasus tindak pidana yg ditangani sentra Gakkumdu cukup menjadi perhatian.

Yaitu dengan rincian Polda satu kasus, Kota Bima empat kasus, Lombok Tengah dua kasus, Lombok Timur dua kasus. Tak hanya itu, ada juga di Dompu satu kasus dan Sumbawa satu kasus. Semuanya kata Tomsi Tohir, sudah disidangkan dan divonis penjara kurungan dan pembayaran sanksi denda.

“Untuk itu kami mengimbau kepada lapisan masyarakat NTB agar patuh hukum dan aturan dalam penyelenggaraan Pilkada dengan menghindari hal yang merugikan diri sendiri maupun orang lain,” pinta Kapolda.

“Terutama jangan sampai menyebar ujaran kebencian, berita hoax di media sosial agar terhindar dari permasalahan hukum. Mari bersama-sama dengan Polri menciptakan situasi Kamtibmas yang kondusif pada pelaksanaan Pilkada 2020,” demikian imbauan Irjen Pol Tomsi Tohir mengajak warga masyarakat NTB untuk bersama menjaga kondusifitas daerah serta turut menyukseskan Pilkada di NTB.

Sekedar informasi, dalam kegiatan Rakor Dilkumjakpol tersebut juga dihadiri PJU Polda NTB, Ketua PT dan Staf, Kajari dan Staf, Kepala Kakanwil Kemenkumham NTB, Ketua KPU NTB dan Kabupaten/Kota begitupun Ketua Bawaslu NTB dan Kabupaten/Kota, para Kapolres, Kasat Reskrim dan Kanit Pidum, Penyidik Ditreskrimum termasuk Ditreskrimsus Polda NTB. (red) 

Artikel sebelumyaMotoGP Mandalika Jadi Ajang Pertaruhan bagi NTB
Artikel berikutnya10 Desa Bersinar Diresmikan, Wagub Ajak Perangi Narkoba