HUKRIM

Tiga Pelaku Pencurian Sapi di Plampang Diringkus Polisi

58

NUSRAMEDIA.COM — Tiga orang terduga pelaku pencurian satu ekor sapi di wilayah Desa Usar, Kecamatan Plampang diringkus pihak kepolisian. Diamankannya mereka oleh Polsek Plampang tiga terduga pelaku itu pada Sabtu (23/10) lalu sekitar pukul 17.45 Wita.

Kamis (28/10), Kapolres Sumbawa melalui Kasi Humas Polres Sumbawa, AKP Sumardi membenarkan adanya perihal penangkapan tersebut. Diterangkannya, penangkapan terhadap ketiga terduga pelaku pencurian itu berdasarkan pengaduan Laporan Polisi No : LP/ B/550 /X / 2021/ SPKT/ Res Sbw.

Korban bernama Abdullah, yang mana sapi miliknya diduga hilang dicuri. “Para pelaku yang berhasil diamankan masing-masing berinisial IH, MA, dan yang terakhir diamankan merupakan otak pencurian yang berinisial Z alias Jakek (48),” ujarnya.

Baca Juga:  Polisi Ringkus Pemalak di Samota 

“Ketiganya berasal dari Dusun Kuang Bungir, Desa Usar, Kecamatan Plampang,” imbuh Sumardi. Dia juga mengungkapkan kronologis kejadian. Berawal saat korban mengetahui sapi miliknya yang diikat dilahan Orong Usar, Desa Usar, Kecamatan Plampang hilang pada pada Sabtu (23/10) lalu sekitar pukul 17.45 Wita.

Kemudian sekitar pukul 18.00 Wita, sambung Sumardi, salah seorang warga memberitahukan bahwa melihat sapi milik korban yang berjarak sekitar 200 meter dari lokasi hilang. Setelah di cek sapi tersebut sudah tidak ada. Selanjutnya korban bersama saudaranya tetap berusaha mencari hingga pukul 21.30 Wita.

“Dan korban melihat dari kejauhan sapi miliknya sedang ditarik dengan menggunakan tali oleh dua terduga pelaku IH dan MA. Korban kemudian mengejar kedua pelaku tersebut dan berhasil menangkapnya yang selanjutnya di bawa ke rumah korban. Akan tetapi kedua pelaku berhasil melarikan diri,” terangnya.

Baca Juga:  Polisi Ringkus Pemalak di Samota 

“Saat itu untuk sapi yang dicuri tersebut berhasil diamankan oleh pemiliknya. Atas kejadian tersebut korban merasa keberatan dan melaporkan kejadian pencurian ke Polsek Plampang,” tambah Kasi Humas Polres Sumbawa.

Lebih lanjut dikatakannya, ketiga pelaku ditangkap diwaktu yang berbeda, bahwa dari hasil penyelidikan yang dilakukan pada Senin (25/10) sekitar pukul 18.00 Wita kedua terduga pelaku berhasil diamankan.

Setelah dilakukan introgasi, kedua terduga pelaku mengakui perbuatannya telah melakukan pencurian 1 ekor hewan ternak sapi, namun atas suruhan dari terduga pelaku lainnya yakni Z alias Jakek.

Baca Juga:  Polisi Ringkus Pemalak di Samota 

Kemudian pada Rabu (27/10) sekitar pukul 06.00 Wita, masih kata Sumardi, dari hasil pengembangan dan hasil penyelidikan petugas berhasil menemukan keberadaan pelaku Z yang tengah bersembunyi dirumah istri sirihnya.

Tepatnya di perkampungan Spanyol Dusun Sepayung, Kecamatan Plampang, Kabupaten Sumbawa kemudian berhasil diamankan tanpa melakukan perlawanan.

“Saat ini ketiga terduga pelaku pencurian satu ekor sapi betina diamankan di Satreskrim Polres Sumbawa untuk pemeriksaan dan penyelidikan lebih lanjut,” demikiak AKP Sumardi. (red) 

Artikel sebelumyaPembagian Bonus Atlet NTB Diwarnai Keributan
Artikel berikutnyaKetua DPRD Sumbawa Apresiasi RS Surya Medika