KESEHATAN

Jumlah Kapasitas Tempat Tidur Ditambah

122
Direktur Utama RSUD Provinsi NTB, dr H Lalu Herman Mahaputra

NUSRAMEDIA.COM — Ditengah melonjaknya kasus COVID-19 di NTB, pemerintah meyakinkan bahwa lonjakan kasus dapat tertangani dengan baik. “Kita sudah siap mengantisipasinya,” demikian dikatakan Direktur Utama RSUD Provinsi Nusa Tenggara Barat, dr H Lalu Herman Mahaputra di Mataram.

Sebagai langkah antisipasi awal yang dilakukan, yakni dengan menambahkan jumlah kapasitas tempat tidur. Terutama, kata pria yang akrab disapa Dokter Jack ini, adalah RS yang masuk sebagai anggota Perhimpunan Rumah Sakit Seluruh Indonesia (PERSI).

Baca Juga:  Gubernur NTB : Langkah Awal Tingkatkan Mutu Pelayanan Rumah Sakit

Jumlah tempat tidur dinaikkan menjadi 4.095 yang semula 1.508 unit. Sebanyak 1.956 diantaranya merupakan tempat tidur di ruang isolasi COVID di RS dan 225 unit diruang ICU. “Kita upgrade juga, mengikuti saat top speed (covid) Delta dulu,” ujar Lalu Herman Mahaputra yang juga Ketua PERSI NTB ini.

Selain tempat tidur, Dokter Jack juga meminta rumah sakit agar menyediakan tabung oksigen masing-masing. Begitu pula dengan puskesmas, minimal ada 10 tabung oksigen yang bisa digunakan pasien COVID-19.

Baca Juga:  Gubernur NTB : Langkah Awal Tingkatkan Mutu Pelayanan Rumah Sakit

Menurut dia, ketersediaan tabung oksigen di setiap rumah sakit dan puskesmas menjadi penting. Agar ketika kondisi puncak omicron, tidak ada fasilitas pelayanan kesehatan yang saling meminjam tabung oksigen. ”RSUP rencananya akan membeli 100 tabung lagi. Kita juga masih ada liquid oksigen dengan kapasitas 11 ton,” tegasnya.

Dikatakannya juga, meski kasus sempat naik, masyarakat diminta untuk tidak panik. Tetap beraktivitas dan bekerja seperti biasa dengan menerapkan prokes. “Banyak yang sekarang tanpa gejala. Pasien yang dirawat itu komorbid dan belum vaksin, itu yang kita antisipasi sekarang,” pungkasnya. (red) 

Baca Juga:  Gubernur NTB : Langkah Awal Tingkatkan Mutu Pelayanan Rumah Sakit
Artikel sebelumyaDirektur LOGIS Tawarkan Ide Selesaikan Kisruh Patung Jokowi
Artikel berikutnyaNajamuddin Moestafa : “Saya Ingin Jadi Anggota Biasa Saja”