KESEHATAN

NTB Siap Tangkal Virus Corona dan Edukasi Masyarakat 

70

NUSRAMEDIA.COM, MATARAM — Sekretaris Daerah Provinsi Nusa Tenggara Barat, HL Gita Ariady menegaskan bahwa pemerintah provinsi siap mengedukasi masyarakat dan menangkal virus corona di NTB.

Ini diungkapkannya lantaran merebaknya virus corona, sehingga pemerintah provinsi NTB melakukan berbagai langkah sebagai upaya kesiapsiagaan. Di Indonesia umumnya, NTB khususnya tergolong aman.

“Insya Allah, kita siap mengedukasi masyarakat dan menangkalnya (virus corona),” kata Sekda NTB pada Rabu (29/1) di Mataram.

Selain telah memperketat setiap pintu masuk, baik jalur darat, laut maupun udara, Pemprov NTB juga akan bersurat kepada bupati/walikota se-NTB. Dimana dalam surat itu, diharapkan nantinya pemkab/pemkot dapat melakukan upaya edukasi kepada masyarakat.

Baca Juga:  Suka Duka Petugas Vaksinator Menembus Medan Sulit di Lombok Tengah

“Nanti kita juga akan bersurat ke bupati dan walikota seluruh NTB. Kita harap pemda/pemkot dapat meneruskan dan mengedukasi masyarakat agar menerapkan pola hidup sehat. Mulai dari hal-hal dasar, seperti kebersihan lingkungan, mencuci tangan, menggunakan masker, termasuk mengkonsumsi makanan yang sehat,” kata Gita Ariady.

“Selain itu juga akan kita libatkan pihak dharma wanita dan ibu-ibu PKK di Nusa Tenggara Barat untuk membantu. Begitu juga penting (penyuluhan) untuk dilakukan disekolah-sekolah,” imbuhnya.

Berkaitan dengan balita (1,5) asal China yang kini dirawat di RSUD NTB bahkan sempat digembar gemborkan diduga terinfeksi virus corona, itu kata dia tidak benar.

Baca Juga:  Pemprov NTB dan Pemkot Mataram Terima Bantuan Oksigen Concentrator

Berdasarkan koordinasi dengan pihak RSUD NTB, balita tersebut lebih condong mengalami radang paru-paru yang disebabkan oleh bakteri, bukan virus corona. Kini keadaan pasien tersebut sudah mulai membaik.

“Jadi tidak benar. Setelah dicek, dirongsen, diambil sampel darahnya juga dan diperiksa pasien itu mengalami radang paru. Hasilnyapun negatif (bukan virus corona),” tuturnya.

Tak lupa ia mengajak masyarakat agar tetap tenang dan tidak mudah percaya dengan informasi yang tak jelas disebarkan oleh oknum-oknum yang tidak bertanggungjawab.

Baca Juga:  Ditargetkan 41 Ribu Vaksin Perhari untuk Lombok Tengah

Hingga saat ini masih kata Sekda, Nusa Tenggara Barat sangat aman. Selain itu, langkah-langkah antisipasi guna untuk waspada sudah dilakukan maksimal oleh pemerintah provinsi.

Antara lainnya, mengontrol penuh setiap pintu masuk, tersedianya ruang isolasi, berkoordinasi intensif, serta menyediakan layanan informasi atau corona crisis center (C3).

Layanan C3 itu dimaksudkan agar masyarakat mendapat informasi dan berita yang real dari pemerintah serta utamanya menghindari adanya informasi hoax.

“Intinya (NTB) aman. Kita juga sudah siap menangkal. Dan kita bersama-sama juga siap mengedukasi masyarakat,” tutup HL Gita Ariady. (red) 

Artikel sebelumyaPelamar CPNS Diminta Perhatikan Kelengkapan dan Persyaratan  
Artikel berikutnyaBPSDA Pulau Sumbawa Atasi Infrastruktur Pengairan Putus Akibat Banjir di KSB