KESEHATAN

RSUD NTB Terus Berupaya Berikan Pelayanan Terbaik

146

MATARAM — Terus berikhtiar memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat, itulah yang dilakukan oleh Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Provinsi Nusa Tenggara Barat.

Setelah melakukan berbagai gebrakan, kini pihak RSUD NTB mengembangkan layanan dengan memperpendek jadwal tunggu pemeriksaan pasien pra-operasi dan masuk ruang perawatan.

Seiring dengan upaya tersebut, lokasi pemindaian pasien pra-operasi yang semula di klinik TB MDR kini telah dipindahkan ke ruang tunggu depan IGD.

“Hal ini dipandang strategis untuk memberikan kenyamanan dan keamanan pasien yang menjalani pemindaian pra-operasi,” kata Direktur RSUD NTB, dr H Lalu Herman Mahaputra pada 7 Juli 2021 di Mataram.

“Dimana pasien yang menjalani pemindaian tersebut lebih dekat dengan akses pendaftaran rawat inap dan tindakan (admisi) serta IGD sebagai antisipasi terjadinya kegawat daruratan,” tambah pria yang akrab disapa Dokter Jack ini.

Baca Juga:  Ditargetkan 41 Ribu Vaksin Perhari untuk Lombok Tengah

Menurut dia, untuk merealisasikan rencana tersebut, beberapa waktu terakhir dilakukan sosialisasi kepada pengguna ruang tunggu depan IGD tersebut untuk difasilitasi pindah ke rumah singgah Gemilang yang lebih nyaman di areal pusat kuliner RSUD NTB.

“Rumah Sakit juga telah menjalin kerjasama dengan beberapa rumah singgah relawan di sekitar rumah sakit jika pengguna layanan rumah singgah gemilang melebihi kapasitas,” kata mantan Direktur RSUD Kota Mataram ini.

Rencana pelayanan pemindaian didepan IGD ini juga mempertimbangkan akses swab pra-operasi harus dekat dengan IGD sehingga ketika ada hasil positif.

Baca Juga:  Pemprov NTB dan Pemkot Mataram Terima Bantuan Oksigen Concentrator

Dimana langsung dekat dengan IGD untuk selanjutnya dilakukan pemindaian lanjutan bagi pasien-pasien yang terkonfirmasi positif. Sebab, IGD adalah tempat pemindaian lanjutan.

“Langkah ini juga sebagai upaya pengembangan layanan IGD dan pre-hospital ke depannya. Tentunya ikhtiar ini sangat membutuhkan kerjasama dan dukungan semua pihak demi mewujudkan pelayanan yang paripurna bagi masyarakat NTB,” pungkasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik (Kominfotik) Provinsi NTB, Dr Najamuddin Amy, menjelaskan, Pemerintah Provinsi (Pemprov) NTB tetap berkomitmen memberikan pelayanan kesehatan yang terbaik bagi seluruh masyarakat NTB.

“Kita siap melayani masyarakat yang berobat ke RSUD Provinsi NTB dengan pelayanan yang baik. Pada prinsipnya semua kebijakan yang diambil itu, adalah demi kebaikan semua pihak. Termasuk kebijakan yang diambil oleh manajemen RSUD Provinsi NTB,” kata pria yang akrab disapa Bang Najam ini.

Baca Juga:  Pemprov NTB dan Pemkot Mataram Terima Bantuan Oksigen Concentrator

Pria kelahiran asal Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) itu juga menambahkan, bahwa Pemprov NTB juga sangat terbuka untuk mendengarkan masukan dari masyarakat mengenai berbagai kebijakan yang selama ini ditempuh.

Oleh karena itu, pihaknya sangat berharap agar masyarakat NTB dapat mendukung dengan berbagai kebijakan yang telah diambil ini. “Kami juga sangat berharap, masyarakat memberikan dukungannya atas berbagai kebijakan yang telah diambil,” demikian Najamuddin Amy. (red) 

Artikel sebelumyaGubernur Terbitkan SE PPKM Mikro di NTB
Artikel berikutnyaNasir Apresiasi Respon Cepat Pemprov NTB