KESEHATAN

RSUD Sumbawa Sediakan Ruangan dan Tim Khusus

NUSRAMEDIA.COM, SUMBAWA — Pemkab Sumbawa melalui Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) siap membackup RS Manambai Abdulkadir (RSMA) dalam menangani pasien corona. Bahkan RSUD Sumbawa sudah menyediakan ruangan serta tim khusus.

“Untuk rujuk pasien (corona) ke RSMA. Di sana pusat rujukannya. Kan kita tidak tahu jumlah pasiennya. Kalau di sana tidak nampung, kita siap backup. Kalau kami ada satu ruangan dengan 8 bed,” ujar Direktur RSUD Sumbawa, dr. Dede Hasan Basri.

Dikatakannya, mengantisipasi adanya pasien, penempatan dan pelayanan dilakukan di gedung baru RSUD Sumbawa di Kecamatan Unter Iwes. Selain itu, untuk tim medis khusus juga sudah dibekali pengetahuan termasuk SOP untuk penanganan pasien corona.

Baca Juga:  Dikes Sumbawa Galakkan Pemberantasan Nyamuk

“Kalau seandainya ada pasien suspect, kita larikan ke gedung baru. Sudah ada persiapan. Tenaga sudah kami siapkan, tim sudah kita siapkan,” terangnya.

Untuk pelayanan di rumah sakit saat ini, ungkapnya, masih berjalan seperti biasa. Namun pihaknya tetap melakukan upaya pencegahan yaitu dengan menyemprotkan hand sanitizer bagi pengunjung sebelum memasuki ruangan pasien. Sedangkan untuk karyawan tidak lagi melakukan apel pagi, tetapi melakukan bersih-bersih di rumah sakit.

“Jam dan jumlah kunjungan, kita tidak batasi. Cuma dari kitanya memproteksi untuk mereka dan untuk kita sendiri. Dengan cara semprot dan mencuci tangan,” pungkasnya. (red) 

Baca Juga:  Pemprov NTB Diminta Sosialisasikan Vaksin DBD