KESEHATAN

Sumbawa Masih Gratiskan Rapid Test/PCR Pelajar dan Mahasiswa

63

NUSRAMEDIA.COM — Hingga saat ini, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sumbawa masih menggratiskan biaya rapid test dan swab PCR. Khususnya bagi para pelajar, baik itu santri maupun mahasiswa yang akan menuntut ilmu atau kembali ketempat belajarnya diluar wilayah Sumbawa.

Kebijakan ini tak lain, yaitu sebagai upaya meringankan beban masyarakat ditengah pandemi COVID19. “Sekarang masih berlaku. Kan sudah berlangsung setahun ini,” tegas Sekda Sumbawa, H Hasan Basri sekaligus menepis informasi yang menyebutkan kebijakan itu sudah tidak berlaku.

“Dan sudah dipakai oleh pelajar, santri dan mahasiswa yang akan menuntut ilmu dan kembali ke tempat belajar di luar Sumbawa. Pemda sangat komit untuk itu,” imbuh pria yang akrab disapa Haji Bas ini.

Dikatakannya, kebijakan menggratiskan pemeriksaan COVID19 itu tidak hanya untuk pelajar, santri dan mahasiswa yang hendak ke luar daerah. Tetapi juga untuk satu orang pendamping pasien yang hendak berobat lanjut.

Misalnya, kata dia, ke Kota Mataram. Kemudian untuk tahanan yang akan dipindahkan ke Lapas. Untuk test sendiri disesuaikan dengan kebutuhan dari daerah tujuan.

“Itu disesuaikan dengan daerah tujuan. Misalnya daerah tujuannya Mataram butuh rapid test, cukup dilakukan rapid test. Misalnya daerah tujuan ke Jakarta butuh PCR, maka itu dilakukan PCR,” jelasnya.

Tentunya, untuk melakukan test ini harus mendaftar terlebih dahulu di Dinas Sosial (Disos). Nantinya Dinsos akan melakukan verifikasi data yang bersangkutan.

Setelah selesai dilakukan verifikasi, sambung mantan Kepala Inspektorat Sumbawa itu, maka akan diarahkan untuk melakukan pemeriksaan sesuai dengan kebutuhan dari daerah tujuan.

“Harus daftar dulu di Dinas Sosial. Jangan sampai langsung ke rumah sakit. Nanti di Dinas Sosial diverifikasi. Setelah diverifikasi nanti akan dibuat surat pengantar ke mana akan melakukan pemeriksaan,” demikian Haji Bas. (red) 

Artikel sebelumyaWagub Optimis Satgas Investasi NTB Mampu Tuntaskan Masalah
Artikel berikutnyaGubernur NTB Tiba di Bumi Cendrawasih