NASIONAL

Ketum Dekranas Resmikan BKD NTB

237

NUSRAMEDIA.COM, MATARAM – Balai Kriya Dekranasda (Disingkat BKD, Red) NTB diresmikan oleh Ketua Umum Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas), Hj Mufidah Jusuf Kalla, Rabu (14/8) tadi di Kantor Dekranasda setempat.

Istri dari Wakil Presiden RI itu memberikan apresiasi terhadap Dekranasda NTB dalam menjalankan kegiatannya sekaligus membina maupun mengembangkan produk kerajinan di NTB.

“Membuktikan keseriusannya Dekranasda dalam menjalankan tugasnya. Kita ketahui bahwa industri kerajinan kriya merupakan bagian dari ekonomi kreatif yang pertumbuhannya sangat cepat hampir diseluruh pelosok tanah air tidak terkecuali di NTB yang memiliki potensi sangat besar,” tuturnya.

Baca Juga:  Rocky Gerung Berikan Pendalaman Pengetahuan Anggota DPRD NTB

Dalam sambutannya, Hj. Mufidah mengatakan persaingan regional maupun internasional tentunya sangat ketat, maka diperlukan upaya-upaya nyata untuk mendorong para UKM Pengrajin agar lebih giat lagi dan bersaing di pasaran.

Menyadari pengrajin yang skala usahanya kecil dan menengah yang memiliki keterbatasan dari segi pemasaran, permodalan, dan manajemen usaha. “Maka diperlukan sinergi dari berbagai pihak untuk melakukan upaya pembinaan dan pengembangan usaha pengrajin dalam mengatasi berbagai kelemahan dan permasalahan dihadapi oleh pengrajin,” kata Hj Mufidah

Istri dari Jusuf Kalla itu juga berharap Kantor Dekranasda yang baru diresmikan dapat sekaligus sebagai galeri untuk membantu pemasaran hasil produk para UKM Pengrajin dan dapat menunjang sektor pariwisata khususnya dalam penyediaan souvenir.

Baca Juga:  Bakal Lebih Semarak, Musakara Rea 2022 Hadirkan Sejumlah Tokoh Nasional

Kemudian memanfaatkan teknologi untuk mempromosikan melalui website dan semakin berperan dalam kemajuan bangsa melalui pengembangan dan pembinaan produk kerajinan yang dihasilkan oleh masyarakat yang membanggakan.

“Dengan mengikuti trend pasar yang sedang berlaku dapat pula dengan membuka website yang telah dimiliki oleh Dekranasda. Tidak kalah pentingnya juga agar Dekranasda NTB memanfaatkan pemasaran online, baik secara mandiri atau melalui market place seperti buka lapak dan shopee dan lainnya” pungkasnya.

Sekedar informasi, acara peresmian yang ditandai dengan penandatanganan prasasti oleh ketua umum Dekranas, di dampingi Ketua Dekranasda Provinsi NTB, Hj Niken Saptarini Widyawati Zulkieflimansyah dan disaksikan langsung oleh Gubernur NTB, H Zulkieflimansyah.

Baca Juga:  Bakal Lebih Semarak, Musakara Rea 2022 Hadirkan Sejumlah Tokoh Nasional

Bersamaan dengan itu, Gubernur menyampaikan ucapan selamat datang dan rasa terima kasih kepada Ketua Umum Dekranas karena mengunjungi NTB.

“Mudah-mudahan ibu-ibu memberikan inspirasi dan semangat baru bagi di NTB untuk kerja lebih maksimal lagi dan menyongsong masa depan yang lebih baik,” singkatnya. (NM1)

Artikel sebelumyaKUA-PPAS APBD 2020 Penuh Misteri
Artikel berikutnyaKembangkan Tenun NTB, Dekranasda Butuh Bimbingan Dekranas

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here