NASIONAL

Selamat, NTB Peringkat 3 Nasional KIP 2021

57
Kepala Dinas Kominfotik NTB, Dr Najamuddin Amy (kiri), Wakil Gubernur NTB, Dr Hj Sitti Rohmi Djalillah (tengah) dan Ketua KI NTB, Suaeb Qury (kanan)

NUSRAMEDIA.COM — Sebuah capaian yang luar biasa. Pasalnya Nusa Tenggara Barat berhasil menembus masuk 3 besar Nasional sebagai provinsi informatif. Tahun lalu, NTB hanya mampu meraih peringkat ke-4. Namun ditahun ini, NTB berhasil mendobrak masuk di peringkat ke-3 Anugerah Keterbukaan Informasi Publik (KIP) 2021.

Provinsi Jawa Tengah menempati posisi kedua. Sedangkan Daerah Istimewa Nangroe Aceh Darussalam berhasil menyabet peringkat pertama. Wakil Gubernur NTB Sitti Rohmi Djalillah mengatakan predikat informatif ini, menandakan penyelenggaraan publik sangat transparan.

Baca Juga:  LFC Taklukan PS Lombok Tengah

Khususnya kepada masyarakat yang begitu terbuka dan berkualitas. “Alhamdulillah skor kita juga meningkat dari tahun kemarin,” ujarnya. “Ini harus dipertahankan dan ditingkatkan lagi ditahun depan,” tambah orang nomor dua di Provinsi Nusa Tenggara Barat tersebut.

Dikatakan Wagub, strategi meningkatkan layanan informasi pemerintah salah satunya dengan memudahkan akses informasi bagi masyarakat melalui teknologi dan digitalisasi. Sementara itu, Kepala Dinas Kominfotik NTB, Najamuddin Amy mengatakan, platform informasi melalui aplikasi pelayanan publik sebagai inovasi di tengah pandemi menjadi upaya keterbukaan tata kelola dan akuntabilitas pemerintah provinsi.

Baca Juga:  Demokrat Menang, Mahally Fikri : "Saya Langsung Sujud Syukur"

Mantan Kepala Biro (Karo) Humas dan Protokol Setda Provinsi NTB itu mengaku sangat bersyukur dan bangga atas capaian yang berhasil diraih Provinsi Nusa Tenggara Barat ditahun ini. “Kita akhirnya bisa menggeser provinsi besar seperti Jawa Barat dan DKI sebagai provinsi informatif dan terbuka untuk masyarakatnya”, ujar pria kelahiran asal Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) yang kerap disapa Doktor Najam tersebut.

Naiknya peringkat NTB dalam penilaian Komisi Informasi menjadi tanggungjawab seluruh pihak dalam penyelenggaraan pemerintahan. Senada dengan itu, Ketua Komisi Informasi NTB, Suaeb Qury mengatakan, peringkat Informatif yang diperoleh NTB adalah peran aktif seluruh perangkat penyelenggara daerah membangun partisipasi dan respon masyarakat terhadap pelayanan informasi pemerintah. “Tinggal memperbaiki peringkat kita dalam Indeks Keterbukaan Informasi Publik (IKIP) dalam kualitas pelayanan informasi,” tutupnya. (red) 

Baca Juga:  Demokrat Menang, Mahally Fikri : "Saya Langsung Sujud Syukur"
Artikel sebelumyaPemkab Sumbawa Beri Perhatian Khusus Untuk Kafilah STQ Nasional XXVI
Artikel berikutnyaNTB Segera Lakukan Percepatan Serapan Anggaran