OLAHRAGA

Dae Iwan Danlap MXGP Samota

224
Gunernur NTB, Zulkieflimansyah (kanan) dan Kadis PUPR NTB, Ridwan Syah (kiri)

NUSRAMEDIA.COM — Gubernur Nusa Tenggara Barat, Zulkieflimansyah memimpin Rapat Persiapan Moto Cross Grand Prix (MXGP) Samota, Selasa (5/4) di Mataram.

Dikesempatan itu, Gubernur Zul menunjuk Ridwan Syah atau biasa dipanggil Dae Iwan yang tak lain adalah Kepala Dinas PUPR NTB sebagain Komandan Lapangan (Danlap) MXGP.

Gelaran balap motor cross paling elit di dunia itu akan dilangsungkan pada Juni 2022 tepatnya dikawasan Samota, Kabupaten Sumbawa, Nusa Tenggara Barat.

Ditunjuknya Dae Iwan oleh Gubernur NTB bukan tanpa alasan. Menurut Zul, Kadis PUPR NTB serta jajarannya telah mengikuti dari awal progres perkembangannya.

Baca Juga:  Lombok FC Bangun Fasilitas Lapangan Sepakbola Sendiri

“Karena sudah mengikuti dari awal. Maka kita tunjuk Ridwan Syah sebagai komandan lapangan penyelenggaraan MXGP di Samota Sumbawa, NTB,” kata Zul.

Dikatakannya, MXGP bukan hanya soal balapan saja, melainkan juga menjadi sebuah kesempatan memajukan dan mengembangkan UMKM.

Sementara itu, Komandan Lapangan MXGP Ridwan Syah menyampaikan bahwa, penyelenggaraan MXGP hingga saat ini belum ada venue atau sirkuitnya.

Namun bisa dikerjakan kurang lebih dalam waktu 2 minggu. Ridwan Syah menyebutkan dalam waktu dekat pihak Promotor MXGP akan datang ke Samota.

Baca Juga:  Lombok FC Bangun Fasilitas Lapangan Sepakbola Sendiri

Sehingga bisa dipastikan bagaimana model dan bentuk sirkuitnya. Termasuk bagaimana letak fasilitas yang akan dibangun. “Karena ini sirkuit tanah, bisa dikerjakan lebih cepat dibandingkan (sirkuit) MotoGP,” ungkapnya.

Selain kesiapan sirkuit, Ridwan Syah mengatakan kesiapan transportasi menjadi penting layaknya MotoGP di Sirkuit Mandalika. Namun persoalan transportasi juga sudah clear.

Selain itu, menjadi tantangan adalah kesiapan Bandara Sultan Kaharuddin sebagai pintu masuk para pembalap dan Krunya. Menurutnya, pemerintah sudah menggesa agar pelapisan runway bandara segera ditambah.

Baca Juga:  Lombok FC Bangun Fasilitas Lapangan Sepakbola Sendiri

Sehingga nantinya bisa didarati oleh pesawat berbadan besar/lebar seperti Boeing 737 seri 300 atau Airbuss. “Dengan segala persiapan yang dilakukan tinggal 60 hari efektifnya MXGP bisa digelar sesuai harapan,” demikian Dae Iwan. (red) 

Artikel sebelumyaBank NTB Syariah Teken PKS dengan MES dan UNU
Artikel berikutnyaBudi Suryata : “Jangan Sampai Masyarakat Sumbawa Jadi Penonton di Daerahnya Sendiri”