OLAHRAGA

Kempo NTB Targetkan Dua Emas di PON Papua

95

NUSRAMEDIA.COM — Pengurus Persaudaraan Shorinji Kempo Indonesia (Perkemi) Nusa Tenggara Barat menargetkan meraih dua medali emas di Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua yang berlangsung pada 2-15 Oktober 2021.

“Target kita di PON Papua 2 emas dan medali diharapkan dari semua nomor,” kata Ketua Perkemi NTB, Ibnu Salim saat dihubungi melalui via telepon di Mataram, Sabtu (18/9/2021).

Ia mengatakan, jumlah atlet karate yang dikirim mewakili NTB di PON Papua, sebanyak delapan orang. Mereka akan bertanding di enam nomor yang dipertandingkan.

Yakni, Embu pasangan Yudhansa Putra dan I, Embu pasangan Kyu Kenshi Putra, Embu Pasangan Kyu Kenshi Putri, dan Embu campuran Kyu Kenshi.

Baca Juga:  Asian Talent Cup Siap Digelar, Dorna Serahkan Pelaksanaan ke Pemprov NTB

Kemudian, Randori Putra Kelas 65 kilogram dan Randori Putri Kelas 60 kilogram. “Mereka mulai bertanding pada tanggal 9 -13 Oktober,” ujar Inspektur pada Inspektorat Provinsi NTB ini.

Abah Ibnu sapaan akrabnya menyatakan, untuk keberangkatan atlet sendiri dijadwalkan pada 4 Oktober 2021. “Jadi seluruh kontingen karate sudah siap berangkat dan bertanding di Papua,” tegasnya.

Lebih lanjut, Ibnu Salim mengaku, optimis dua medali emas akan dapat diraih atlet Kempo NTB, meski di PON Jawa Barat tahun 2016, NTB hanya meraih satu medali perunggu dari Randori Putri. “Kami optimis di PON Papua, atlet-atlet NTB dapat berjaya dan membawa nama harum daerah,” katanya.

Diketahui kontingen NTB pada PON XX Papua, berkekuatan 106 atlet, terdiri dari 66 atlet putra dan 40 atlet putri. Di PON XX Papua, ke-106 atlet terbaik NTB dari 10 kabupaten/kota ini akan bertanding di 115 nomor dari 19 cabang olahraga yang diikuti.

Baca Juga:  Dirut RSUP, Kadis PUPR dan Tim Polda NTB Study Banding ke Italia

Dari 19 cabang olahraga itu, NTB menargetkan meraih 17 medali emas PON XX. “Target 17 emas itu diharapkan datang dari cabang olahraga atletik, tinju, muathai, tarung derajat, voli pasir, panjat tebing, karate dan kempo,” kata Ketua Kontingen PON NTB, Mori Hanafi.

“Kita mengharapkan cabang olahraga lainnya juga akan berjuang untuk turut memberikan medali untuk NTB,” tambah pria yang juga menjabat sebagai Wakil Ketua DPRD Provinsi NTB ini.

Mori menyebutkan, 106 atlet dari 19 cabang olahraga yang diikuti NTB, terdiri dari Atletik 15 atlet, Panjat Tebing 9 atlet, Tarung Derajat 6 atlet, Futsal 14 atlet putra, Biliard 1 atlet putra, Tinju 9 atlet, Voli Pasir 8 atlet.

Baca Juga:  Mau Nonton World Superbike? Ini Syarat Pembelian Tiketnya..!

Selanjutnya, Tenis Lapangan 8 atlet, Karate 2 atlet, Selam Laut 1 atlet, Taekwondo 1 atlet putri. Menembak 11 atlet, Kempo 8 atlet, Muaythai 1 atlet, Gantole 1 atlet, Renang 1 atlet, Pencak Silat 1 atlet, Catur 6 atlet, Balap Motor3 atlet, sehingga total 66 atlet.

Kontingen PON NTB berangkat secara bertahap. Untuk tahap pertama pada 20 September terdiri dari tim futsal sebanyak 23 orang. “Tahap selanjutnya itu berangkat 23 September sampai seterusnya 7 Oktober,” pungkasnya. (red)

Artikel sebelumyaPemda dan DPRD KLU Teken Nota Kesepakatan KUA PPAS APBD-P 2021
Artikel berikutnyaMUI NTB Gelar Rakerda di Sumbawa