OLAHRAGA

Pemkab Sumbawa Siap Sambut Atlet PON XX Berprestasi

67

NUSRAMEDIA.COM — Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sumbawa memberikan perhatian khusus atas dedikasi dan prestasi cabang olahraga melalui atlet berprestasi. Dalam hal ini, Pemkab Sumbawa bersama KONI sedang mempersiapkan prosesi penyambutan sebagai bentuk penghormatan yang diberikan kepada atlet yang telah mengharumkan nama Kabupaten Sumbawa.

Syiar juara ini tentu merupakan momentum yang harus ditumbuhkan sehingga menjadi katalis bagi tumbuh kembang ekosistem berprestasi. Prestasi yang diperoleh para atlet merupakan hasil perjuangan dan proses pembinaan yang tidak biasa yang tentunya disamping didorong oleh motivasi juara juga dorongan oleh spirit untuk naman besar daerah sebagai suatu kebanggaan.

Mempersiapkan proses penyambutan duta olahraga ini, Pemkab Sumbawa dan KONI melaksanakan rapat koordinasi untuk memantapkan kesiapan tersebut yang dipimpin langsung oleh Asisten Pemerintahan dan Kesra, Varian Bintoro bertempat diruang kerjanya, Jum’at (22/10). Hadir dalam pertemuan tersebut adalah Kepala Dinas Dikbud, Kepala BKPSDM (selaku Sekretaris KONI), Kasat Pol PP, Plt. Sekretaris Dinas Kominfotiksan, Kepala Bagian Prokopim dan unsur pengurus teras KONI Sumbawa.

Baca Juga:  Mandalika Bersiap Sambut MotoGP 2022

Beberapa persoalan penting yang dibahas pada rapat persiapan tersebut adalah desiminasi media, prosesi teknis pelayanan dan penyambutan atlet (dari Mataram maupun saat berada di Sumbawa), prosesi upacara resmi apresiasi atlet, prosesi visualisasi promosi publik atlit pada jalan protocol Kota Sumbawa, serta persiapan teknis lainnya.

Varian Bintoro selaku Ketua Penyelenggaran Penyambutan atlet tersebut, dalam pemaparannya menyampaikan seremoni penyambutan ini sedapat mungkin harus memberikan kekhidmatan yang menempatkan atlet dan para stakeholder kunci cabor sebagai entitas yang terhormat.

Dari 15 medali emas yang diperoleh Provinsi NTB pada PON XX Papua, 5 diantaranya disumbangkan oleh atlet dari Kabupaten Sumbawa. Selain emas, ada juga 1 medali perak dan 4 medali perunggu yang diraih atlet asal Sumbawa untuk NTB. “Tentu ini menjadi kebanggan yang luar biasa sekali bagi kita di Kabupaten Sumbawa,” ujarnya.

Baca Juga:  Atlet Peparnas Sumbawa Terima Reward

Pada Upacara Penyambutan, jelasnya, Pemkab akan memberikan apresiasi atlet berprestasi PON XX Papua berupa bonus yang telah dipersiapkan sebelumnya dalam APBD Kabupaten Sumbawa Tahun Anggaran 2021. Total bonus yang akan diberikan adalah sebesar Rp 250 Juta.

Bonus ini diberikan untuk seluruh Atlit termasuk wasit dan Pembina cabang olahraga asal Kabupaten Sumbawa yang masuk dalam PON XX Papua. Berdasarkan rekapitulasi atlet Provinsi NTB dalam PON XX Papua dari Kabupaten Sumbawa terdapat 9 (Sembilan) atlet yang berasal dari 6 cabang olahraga.

Adapun menurut rencana dalam skedul rundown kegiatan, diawali dengan fasilitasi penjemputan atlet dari Mataram menuju Sumbawa Besar pada tanggal 31 Oktober 2021, yang dilanjutkan dengan acara selamat datang oleh Bupati Sumbawa. Sedangkan pelaksanaan kegiatan upacara resmi penyambutan dan apresiasi sendiri direncanakan akan dilaksanakan pada tanggal 1 November 2021 yang diikuti oleh seluruh perangkat daerah lingkup Kabupaten Sumbawa.

Baca Juga:  Tinggi Animo Masyarakat, PSSI NTB Usulkan Pertandingan Liga 3 Dihadiri Penonton

Bersamaan dengan momentum ini, juga akan dirangkaikan dengan pelepasan purna tugas bagi ASN yang telah menyelesaikan pengabdiannya sebagai ASN pada tahun 2021. Pelepasan purna tugas bagi ASN ini diinisiasi oleh BKPSDM Kabupaten Sumbawa dan merupakan tradisi baik.

Dimana akan terus dikembangkan untuk memberikan penghormatan bagi ASN yang telah memberikan dharma baktinya selama aktif bertugas sebagai ASN. Inisiatif ini menurut Kepala BKPSDM, Tata Kostara untuk menjaga jalinan soliditas korp ASN. “Hal ini juga menjadi penanda apresiasi negara terhadap pengabdian ASN,” jelas Tata. (red) 

Artikel sebelumyaAsian Talent Cup Siap Digelar, Dorna Serahkan Pelaksanaan ke Pemprov NTB
Artikel berikutnyaDispar NTB Gelar Pelatihan Mitigasi Bencana di Lombok Utara