OLAHRAGA

Wabup Sumbawa Buka Porkab Renang

74

NUSRAMEDIA.COM — Setelah cukup lama vakum, kini Persatuan Renang Seluruh Indonesia (PRSI) Kabupaten Sumbawa menggelar Pekan Olahraga Kabupaten (Porkab). Kegiatan yang dilaksanakan selama dua hari itu, dibuka secara resmi oleh Wakil Bupati Sumbawa, Dewi Noviany, Jum’at (22/10) kemarin.

Giat ini berlangsung tepatnya di Kolam Renang Tirta Ganinggara, Desa Sering Kecamatan Unter Iwes, Kabupaten Sumbawa. Turut hadir Ketua DPRD Sumbawa, Ketua KONI Sumbawa, Perwakilan Polres Sumbawa, Perwakilan Kodim 1607/Sumbawa serta pihak BUMN dan BUMD.

Dikesempatan itu, Wabup Sumbawa, Dewi Noviany mengaku sedih dengan prestasi yang dicapai Tim Renang Sumbawa. Karena dari tahun 2006 sampai 2021 ini terkesan mati suri. Namun pihaknya tetap menaruh harapan besar kepada Pengurus PRSI yang baru.

Meskipun dengan keterbatasan fasilitas, diharapkannya tidak menyurutkan niat dan semangat untuk meraih prestasi, salah satunya di ajang Porprov nanti. “Walaupun keterbatasan, namun tidak ada kata menyerah untuk memenangkan Porpov NTB,” ujarnya.

Orang nomor dua di Sumbawa itu juga mendukung adanya kolam renang yang representatif di Kabupaten Sumaawa. Hal ini menjadi salah satu faktor dalam melahirkan atlet berprestasi baik di tingkat regional maupun nasional.

Baca Juga:  Mandalika Bersiap Sambut MotoGP 2022

“Apapun potensi anak kita ketika fasilitasnya tidak memenuhi mustahil untuk berprestasi baik di tingkat regional maupun nasional. Namun mudah-mudahan covid segera berlalu. Insya Allah program yang disampaikan tahun 2022 bisa terealisasi kolam renang yang kita impikan,” harap Wabup Novi.

Sedangkan Ketua DPRD Kabupaten Sumbawa, Abdul Rafiq mengakui adanya stagnasi penyelenggaraan event renang di Kabupaten Sumbawa. Namun berbicara olahraga, tidak lepas dari tiga hal.

Pertama, kata dia, pembinaan, kedua fasilitas dan ketiga kompetisi. Menurut Rafiq, tiga hal itu harus dipenuhi untuk menggapai prestasi. “Kita tidak akan maksimal berprestasi ketika tiga unsur itu tidak bisa kita penuhi,” katanya.

Politisi PDI Perjuangan itu menegaskan akan mendukung penuh PRSI Sumbawa dalam melahirkan atlet-atlet berprestasi. Namun untuk mencapai prestasi tersebut, kata dia, juga harus ada kolam renang yang representatif.

“Kalau tidak ada fasilitas apalagi kompetisi, susah. Siapapun pengurusnya saya yakin tidak akan bisa. Karena pembinaan, fasilitas dan kompetisi itu mutlak harus kita penuhi. Hari ini sudah ada kompetisi, tugas kita ke depan sebagai pemangku kepentingan akan menyiapkan fasilitas yang representatif untuk cabang olahraga renang,” tegas Rafiq.

Baca Juga:  Atlet Peparnas Sumbawa Terima Reward

Sementara itu, Ketua KONI Kabupaten Sumbawa, Syamsul Fikri, juga mengapresiasi kegiatan Porkab yang digelar PRSI Sumbawa. Ini, menurut dia, merupakan event terbaru, karena selama ini PRSI terkesan mati suri.

Diungkapkannya, bahwa terakhir Porkab digelar pada tahun 2006 silam. “Dibawah kepemimpinan saya di KONI, saya katakan harus ada restrukturitasi kepengurusan PRSI agar bisa hidup kembali,” ucap politisi Demokrat ini.

Menurut Fikri, sekarang ini PRSI juga mendapat dukungan dari Pemda dan DPRD. Kedua lembaga ini berkomitmen mensuport PRSI sehingga bisa melahirkan atlet yang berprestasi hingga ajang nasional. “Kami yakin sebagai Ketua KONI akan muncul atlet berprestasi disini,” katanya optimis.

Sebelumnya, Ketua PRSI Kabupaten Sumbawa, Juniardi Akhir Putra melaporkan, kegiatan Porkab akan berlangsung selama dua hari. Untuk peserta eksebisi sebanyak 61 peserta dari siswa SD dan SMP. Terdiri atas putra 49 orang dan putri 21 orang.

Baca Juga:  LFC Launching Skuad Utama

Sedangkan untuk Porkab sendiri sebanyak 35 peserta terdiri atas putra 22 orang dan putri 13 orang. Nomor lomba yang diagendakan adalah 50 meter dan 100 meter. Terdiri dari empat gaya yakni, gaya bebas, gaya punggung, gaya kupu-kupu dan gaya dada.

Pihaknya berharap dari olahraga renang bisa memberikan prestasi yang terbaik di ajang Porprov tahun depan. Dimana dalam Porprov ada 28 medali yang diperebutkan di cabang renang. Dengan dukungan Pemda dan DPRD, pihaknya akan berupaya menyelenggarakan kegiatan atau event selanjutnya dalam rangka pembinaan atlet renang.

“Kedepan event ini bisa terselenggara secara baik dan kontinyu. Sehingga kami bisa teurs mencari bibit unggul untuk mengharumkan nama Sumbawa di Porprov,” katanya. “Sehingga ada bibit atau atlet dari Kabupaten Sumbawa yang bisa mengikuti PON di tahun berikutnya. Harapan kami kedepan juga ada kolam renang representatif untuk bisa bersaing. Sehingga kami bisa mencari bibit unggul untuk renang ke depannya,” pungkasnya. (red) 

Artikel sebelumyaCelan and Clear, Inspektorat NTB : “Sudah Diaudit BPK Secara Terperinci”
Artikel berikutnyaAsian Talent Cup Siap Digelar, Dorna Serahkan Pelaksanaan ke Pemprov NTB