PARIWISATA

Bupati Najmul Letakkan Batu Pertama Bangun Bale Pusaka Sesait

NUSRAMEDIA.COM, LOMBOK UTARA – Semua daerah punya cara jitu dan unik tersendiri dalam membuat suatu gebrakkan nyata.

Terutama dalam meningkatkan kunjungan wisatawan. Khusus di Lombok Utara, pemerintah bekerjasama dengan masyarakat desa sesait kini mulai membangun Bale Pusaka Sesait.

Ini ditandai dengan diletakkannya batu pertama oleh Bupati Lombok Utara, H Najmul Akhyar.

Adapun tujuannya, selain meningkatkan kunjungan wisatawan, Bale Pusaka Sesait juga diperuntukan khusus sebagai penyimpanan benda-benda pusaka (bersejarah) adat masyarakat setempat.

Pada kesempatan itu, Plt. Kades Sesait Raden Sawinggih dalam pengantarnya dihadapan Bupati menyatakan pembangunan Bale Pusaka Adat Sesait ini cukup lama prosesnya.

Dengan menggali informasi masyarakat sehingga terbentuklah Set Plan dengan memadukan masjid kuno dan tambahan bangunan yang dulunya ada.

Diantaranya bale yang difungsikan sebagai tempat menginap masyarakat yang dari luar Sesait saat acara maulid adat.

Ada juga perpustakaan adat dan naskah kuno, lanjutnya, digunakan sebagai tempat sekolah pembelajaran adat.

Selain itu, ada bangunan lumbung, membuat pasar kreatif desa itu terkoneksi dengan Bale Pusaka. Rencananya dibangun pada tahun 2019 dari dana desa.

Sebelum peletakan batu pertama, Bupati Najmul menyampaikan kepada Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata untuk membantu menganggarkan pada APBD.

Lantaran ornamen prasasti tersebut, salah satu pemacu destinasi wisata baru yang dikelola desa. Disamping sebagai upaya untuk melestarikan lembaga pranata budaya Sesait.

“Kita butuhkan gagasan atau ide cemerlang yang saling mendukung. Supaya adat dan budaya sebagai garda untuk pertahanan moral anak-anak kita,” ajak bupati kepada hadirin diakhir sambutannya.

Acara dilanjutkan dengan peletakan batu pertama pembangunan Bale Pusaka Adat Sesait disaksikan oleh tamu undangan dan masyarakat setempat.

Untuk diketahui, hadir bersama Bupati diantaranya Wabup Sarifudin, Ketua DPRD KLU H Burhan M Nur, Camat Kayangan H. M Tohir, Plt. Kades Sesait Raden Sawinggih, Tokoh Adat dan Tokoh Masyarakat Desa Sesait serta tamu undangan lainnya. (NM1)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini