PARIWISATA

Festival Bau Nyale 2022 Sukses Digelar

172

NUSRAMEDIA.COM — Menjelang perhelatan MotoGP pada Maret 2022 mendatang, Festival Pesona Bau Nyale Sukses digelar. Festival tersebut terlaksana tepatnya di Pantai Seger wilayah Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika, Kabupaten Lombok Tengah.

Gubernur NTB, Dr H Zulkieflimansyah memberikan apresiasi tinggi kepada Bupati Lombok Tengah dan stakeholder lainnya. Karena suksesnya festival pada tahun ini, dinilai tidak lepas dari adanya dukungan dan kerjasama yang baik dari semua pihak.

Festival Bau Nyale telah berskala nasional, sehingga diyakini akan memberikan dampak positif tidak hanya bagi masyarakat sekitar, tetapi juga daerah lainnya. Pentingnya lagi, melalui festival tersebut dapat menguatkan nilai-nilai budaya. Terlebih dalam rangkaian kegiatan melibatkan tokoh agama dan masyarakat adat.

Baca Juga:  Rasakan Keseruan, Abdul Rafiq : "Pentingnya Tradisi Sumbawa Dilestarikan"

Selain itu, beberapa kegiatan yang sudah diselenggarakan secara streaming, seperti pemilihan Puteri Mandalika dan Bepaosan. Kegiatan lainnya seperti Peresean, Belancaran, dan Mandalika Fashion Carnaval tetap dilaksanakan secara offline dengan menerapkan protokol kesehatan yang baik.

Mandalika adalah spirit yang diceritakan oleh para orang tua agar sela penat berkelahi dengan kehidupan. Menurut Bang Zul kerap Gubernur NTB disapa bahwa Mandalika juga menawarkan kegembiraan dan keceriaan buat semua elemen masyarakat.

Baik itu orang-orang kecil, miskin, termarjinalkan, terpinggirkan untuk sesekali dalam hidupnya bergembira merayakan sebuah festival. Hal ini dikatakan Bang Zul tepat pada saat memberikan sambutan di Festival Bau Nyale halaman belakang Hotel Novotel Lombok Tengah, Minggu (20/2) kemarin.

Baca Juga:  Rasakan Keseruan, Abdul Rafiq : "Pentingnya Tradisi Sumbawa Dilestarikan"

Bang Zul juga mengajak Bupati Lombok tengah dan Forkompinda agar Festival Bau Nyale untuk terus dirayakan. Karena Mandalika saat ini sudah bermetamorfosis bukan hanya tempat biasa, tetapi sudah menjelma sebagai “One Best Street Circuit in The World”.

“Mandalika ini diburu oleh para banyak pangeran-pangeran besar dari seluruh dunia, tapi bukan hanya itu melainkan spirit Mandalika untuk memberikan kegembiraan senyuman,” katanya. “Pesta bagi orang-orang kecil, orang-orang termarjinalkan yang sesekali mencicipi kebahagiaan dan kegembiraan itu,” tambah Bang Zul.

Sementara itu, Bupati Lombok Tengah, H Lalu Fathul Bahri menyampaikan bahwa sudah tiga tahun terakhir ini festival Bau Nyale tidak pernah diadakan. Ini dikarenakan pandemi COVID19 yang melanda Provinsi Nusa tenggara Barat bahkan secara Nasional maupun Internasional.

Baca Juga:  Rasakan Keseruan, Abdul Rafiq : "Pentingnya Tradisi Sumbawa Dilestarikan"

Ditegaskan Bupati, bahwa terlaksananya Festival Bau Nyale di KEK Mandalika juga berkat adanya dukungan dan kerjasama semua pihak. “Kami merasa bersalah jika acara tahunan seperti ini tidak dilaksanakan. Ini semua untuk membangkitkan ekonomi masyarakat,” tutup Bupati Loteng.

Turut hadir dalam Festival Pesona Bau Nyale tersebut, Menteri Pariwisata RI, Sekretaris Daerah NTB, Wakil Bupati Lombok Tengah. Kemudian Danlanud, Ketua DPRD NTB beserta tokoh agama, tokoh masyarakat dan tokoh budaya dan para tamu undangan lainnya. (red) 

Artikel sebelumyaBang Zul Puji Pengelola “Jurang Pengantin”
Artikel berikutnyaTiga Pejabat di Sumbawa Pensiun Tahun Ini