PARIWISATA

Jadi Magnet Dunia, Mandalika Ultra T100 Siap Digelar Jelang MotoGP

75

NUSRAMEDIA.COM — Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika kini seakan telah menjelma menjadi magnet wisatawan dunia. Ditambah lagi dengan kehadiran Sirkuit Mandalika. Semua mata tentunya akan tertuju ke Provinsi Nusa Tenggara Barat, khususnya di Lombok Tengah. Betapa tidak, berbagai event-event internasional akan terlaksana di Bumi Tatas Tuhu Trasna ini.

Diketahui pada 12-14 November event balap motor yaitu Idemitsu Asian Talent Cup (IATC) akan berlangsung di Sirkuit Mandalika. Kemudian 19-21 November 2021 juga akan digelar World Superbike (WSBK). Bahkan rencananya sebelum gelaran balap motor dunia bergengsi paling dinanti warga dunia yaitu MotoGP tahun 2022, akan dilaksanakan event The Mandalika Ultra T100 sekitar Desember 2021 mendatang.

Gubernur NTB Zulkieflimansyah mengaku sangat optimis dengan adanya berbagai event-event tersebut akan memberikan dampak positif bagi daerah dan masyarakat. Bahkan ia menyatakan optimis, termasuk pada gelaran Mandalika Ultra T100 itu akan membangkitkan atau menggairahkan pariwisata NTB.

Baca Juga:  Semua Pihak Diajak Berkolaborasi Bangkitkan Pariwisata NTB

“Karena event (Mandalika Ultra T100) ini akan mendatangkan pelari dari berbagai daerah hingga mancanegara,” kata Bang Zul kerap Gubernur NTB disapa. Ungkapan itu, disampaikan Gubernur Zul saat menerima Panitia The Mandalika Ultra T100 pada Selasa 9 November 2021 kemarin diruang kerjanya.

“Kita ini daerah wisata, harus membuat banyak hiburan baik untuk pengunjung lebih-lebih masyarakat kita,” katanya sembari yakin bahwa event lomba lari itu akan terselenggara sukses. Oleh karenanya, Bang Zul berpesan agar pelaksanaan berbagai evebt tetap harus memperhatikan kearifan lokal maupun budaya masyarakat setempat.

“Karena olahraga lari ultra ini melalui pantai dan medan yang berat juga. Termasuk ibadah untuk orang islam, agar ‘image’ masyarakat kita yang religius bisa tetap baik dan terjaga,” demikian Bang Zul. Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata NTB, Yusron Hadi juga menyambut baik dan menyarakan kesiapan teramat untuk mendukung rencana Mandalika Ultra T100 ini.

Baca Juga:  Semua Pihak Diajak Berkolaborasi Bangkitkan Pariwisata NTB

“Event Sport Tourism ini akan menjadi salah satu ajang pemanasan akhir tahun 2021, menyambut balapan MotoGP awal tahun 2022 juga,” ujar Kadispar. Kemudian, Hendra Wijaya selaku Founder The Mandalika 100, tak lupa menyampaikan apresiasi atas dukungan Gubernur NTB.

Dia mengungkapkan, bahwa kegiatan serupa telah terlaksana sejak tahun 2013 lalu di NTB. Salah satunya adalah Runjani Ultra T100. “Untuk tahun ini, kami akan menggelar lomba lari the mandalika ultra T100,” kata Hendra Wijaya pria yang juga sangat gemar berolahraga lari ini.

Baca Juga:  Semua Pihak Diajak Berkolaborasi Bangkitkan Pariwisata NTB

Dijelaskannya, lomba ini akan diikuti oleh pelari dalam negeri hingga luar negeri. Bahkan sudah ada pelari yang mendaftarkan diri ketika dibuka secara online. Diungkapkannya, titik star akan dimulai dari wilayah Sekotong. Dimana melewati 13 pantai yang belum pernah dikunjungi banyak orang. Bahkan juga akan melintasi tebing, pegunungan hingga finis di Mandalika.

Adapun kelas yang dipertandingkan, yaitu 5 Km, 24 Km bahkan 114 Km. Sementara titik kolometernya akan ditandai dengan pal jarak dan beberapa tempat melalui rumah makan, restoran, masjid dan tempat istirahat lainnya. “Kami bukan hanya menggelar sebuah lomba, namun disampung mendatangkan pengunjung wisata namun menggerakan sektor ekonomi masyarakat,” tutup pria kelahiran asal Bogor tersebut. (red) 

Artikel sebelumyaSeluruh Perangkat Dikerahkan Sebagai Operator PCare
Artikel berikutnyaRealisasikan Aspirasi, Gahtan Salurkan Puluhan Sapi ke Sejumlah Kelompok