PARIWISATA

Lombok-Sumbawa Infinite Experiences Diresmikan

111

MATARAM — Branding pariwisata “Lombok-Sumbawa Infinite Experiences” yang diinisiasi oleh Badan Promosi Pariwisata Daerah (BPPD) NTB diresmikan. Peresmian itu dilakukan oleh Gubernur diwakili Sekda NTB, H Lalu Gita Ariadi pada malam puncak penghargaan pemenang lomba photography dan videography contest tingkat nasional.

Yaitu tepatnya, di Hotel Jayakarta Senggigi wilayah Kabupaten Lombok Barat, NTB pada Jum’at malam (9/7) kemarin. Sebagai Koordinator Promosi Pariwisata Daerah, BPPD NTB menginisiasi dilakukannya re-branding pariwisata NTB. Hal ini menurut Ari Garmono-Ketua BPPD NTB dirasanya perlu untuk dilakukan sebagai upaya meningkatkan citra pariwisata NTB. “(Re-Branding) perlu dilakukan sebagai uoaya meningkatkan citra (image) pariwisata NTB,” kata Ketua BPPD NTB.

Oleh karenaya, kata dia, dalam upaya re-branding ini telah dilakukan kajian oleh BPPD NTB secara teoritis dan konsultasi kepada tim ahli baik di dalam dan luar negeri serta stakeholder pariwisata termasuk Dinas
Pariwisata NTB. Kajian brand ini, dilihat dari keunggulan/value propositions pariwisata NTB serta keunikan baik dari segi alam, budaya dan buatan.

Baca Juga:  Threeo Event Planner Gelar Audisi Mister Tourism Indonesia NTB 2021 di Sumbawa 

“Brand Infinite Experiences dikaji oleh tim akademisi kami memiliki makna bahwa Lombok-Sumbawa memiliki keunggulan yang secara alam, budaya dan buatan yang tidak terbatas serta dapat bersaing tidak hanya ditingkat Nasional bahkan dilevel Internasional,” jelas Ari Garmono.

“Salah satunya, Mandalika sebagai DPSP (Destinasi Pariwisata Super Prioritas) Indonesia memiliki sirkuit dengan konsep ‘Street Circuit’ pertama yang berada di
sepanjang pantai dalam sejarah MotoGP dan ini merupakan keunggulan luar biasa dengan menggabungkan antara keunggulan atraksi buatan dan alam NTB,” imbuhnya.

Lebih lanjut, Ari Garmono menegaskan, bahwa selain itu, NTB memiliki 280 pulau, 99 Desa Wisata sebagai destinasi penyangga untuk upaya “leveraging economy” masyarakat lokal, dua gunung (Rinjani dan Tambora) yang sudah dinobatkan sebagai UNESCO Global Geopark Dunia, keanekaragaman fauna dan flora yang eksotis, dan keunikan budaya dari tiga suku asli dalam satu provinsi (Sasak, Samawa dan Mbojo) yang memberikan pengalaman yang tak terbatas/infinite experiences.

Baca Juga:  Threeo Event Planner Gelar Audisi Mister Tourism Indonesia NTB 2021 di Sumbawa 

“Sehingga kedepannya, brand baru Lombok-Sumbawa Infinite Experiences dapat menarik minat wisatawan untuk mengeksplor lebih banyak lagi objek wisata dan daya tarik wisata di Pulau Lombok dan Sumbawa yang memberikan pengalaman yang tidak ada batasnya mulai dari pariwisata pedesaan hingga pertunjukan sport-tourism internasional. Melalui brand ini Pariwisata Lombok-Sumbawa optimis kedepannya dapat menjadi Face of Indonesia dimata dunia,” tutupnya.

Sementara itu, Ketua Panitia sekaligus Direktur Eksekutif BPPD NTB-Didie Mahendra Kusuma menerangkan, peresmian tagline dan logo ini, juga bertepatan dengan malam puncak pengumumang juara. Yaitu, kata dia, National Photography and Videography Contest 2021 dengan tema “Lombok Sumbawa Emerging Destination”. Dimana giat ini, kata dia, juga merupakan sebagai event promosi perdana BPPD Provinsi NTB yang didanai oleh Bank NTB Syariah.

Baca Juga:  Threeo Event Planner Gelar Audisi Mister Tourism Indonesia NTB 2021 di Sumbawa 

“Malam puncak ini dinamakan sebagai malam Puncak Karya Lombok-Sumbawa – Karya Kolektif untuk Promosi Lombok-Sumbawa. Dimana foto dan video merupakan media promosi visual dan digital yang sangat ampuh untuk meningkatkan minat wisatawan untuk berkunjung kembali ke Lombok-Sumbawa sekaligus puncak penampilan video launching brand baru pariwisata NTB,” katanya.

Diungkapkan oleh pria yang akrab disapa DMK ini, untuk lomba photography diikuti sebanyak 203 peserta nasional dari sekitar 25 kota se-Indonesia dengan total 824 foto untuk tiga kategori (culture/ heritage, landscape dan UMKM) dan lomba videography dengan
total 54 video dari peserta nasional. “Brand baru pariwisata NTB dengan menyatukan dua destinasi (Lombok-Sumbawa) merupakan upaya untuk meningkatkan citra tidak hanya pariwisata Lombok, tapi juga pariwisata Sumbawa sebagai salah satu tujuan roadmap promosi BPPD NTB periode 2021-2024,” pungkasnya. (red) 

Artikel sebelumyaDirektur RSUD NTB : Optimalkan Isolasi Mandiri Terpadu
Artikel berikutnyaAncaman COVID19 Harus Disikapi Bijaksana