PARIWISATA

Pemprov NTB Teken Kerjasama dengan Traveloka

220

NUSRAMEDIA.COM — Gubernur Nusa Tenggara Barat, Dr H Zulkieflimansyah terus berikhtiar tiada henti untuk mempersiapkan sekaligus memaksimalkan segala sesuatunya. Terlebih, Provinsi NTB sendiri akan menjadi tuan rumah berbagai event internasional ditahun 2022 ini. Tentunya hal ini menjadi kesempatan yang tak ingin dilewatkan oleh NTB.

Oleh karenanya, untuk mempromosikan pariwisata dan mengembangkan ekonomi kreatif, Pemprov NTB melakukan penandatanganan kerjasama dengan Traveloka. Teken kerjasama itu dilakukan langsung oleh Gubernur didampingi Kepala Dinas Pariwisata NTB, H Yusron Hadi bersama Vice President Publik Policy Government Relations Traveloka Widyasari Listyowulan.

Yakni tepatnya di Pendopo Gubernur NTB pada Kamis siang (17/02/22) di Mataram. “Siang ini di Mataram menandatangani kerjasama dengan Traveloka yang akan membantu pariwisata NTB keseluruh dunia,” kata Gubernur. Bang Zul kerap Gubernur NTB disapa menjelaskan, bahwa kerjasama ini akan mencakup pada sisi promosi, pemasaran dan juga dukungan pengembangan ekonomi kreatif.

Baca Juga:  Rasakan Keseruan, Abdul Rafiq : "Pentingnya Tradisi Sumbawa Dilestarikan"

Termasuk pula memaksimalkan desa-desa wisata. Secara umum, Bang Zul memyambut baik adanya kerjasama tersebut. Diharapkan, nantinya akan bersama-sama mengembangkan potensi kepariwisataan dan ekraf di NTB. Sementara itu, Vice President Publik Policy Government Relations Traveloka Widyasari Listyowulan menyampaikan terimakasih kepada Pemprov NTB.

Dimana Pemprov dinilai telah memberikan peluang kepada banyak pihak untuk turut serta membangun pariwisata NTB. Termasuk pihak Traveloka sendiri dengan jaringan luas dimilikinya. Oleh karenanya, saat ini gelaran event internasional akan berlangsung di NTB, tentu kolaborasi dengan segenap potensi lokal harus dapat dimaksimalkan.

Kepala Dispar NTB, H Yusron Hado dikesempatan itu menjelaskan, bahwa kerjasama ini memperluas jejaring semua pihak. Terlebih dalam berkontribusi memajukan wisata Lombok-Sumbawa dengan branding MotoGP yang akan terlaksana di Sirkuit Mandalika pada Maret 2022 mendatang.

Baca Juga:  Rasakan Keseruan, Abdul Rafiq : "Pentingnya Tradisi Sumbawa Dilestarikan"

“Kini 23.889 potensi penginapan yang ada baru terisi 45 persen, masih banyak penginapan yang tersedia,” ungkap mantan Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan NTB ini. “Paket-paket berwisata bundling dengan menonton MotoGP akan menjadi paket menarik. Traveloka dengan kekuatan pasar yang dimiliki bisa membantu kita agar penginapan yang belum terisi bisa terjual,” imbuh Yusron.

Dia menegaskan selain Traveloka, kerjasama red doorz juga dibangun untuk meningkatkan standarisasi dan hospitality penginapan-penginapan. “Terutama homestay yang jumlahnya sangat banyak,” katanya. Menyinggung soal harga kamar penginapan yang melonjak naik, Yusron mengatakan bahwa Pemprov NTB sudah menerbitkan Peraturan Gubernur (Pergub).

Baca Juga:  Rasakan Keseruan, Abdul Rafiq : "Pentingnya Tradisi Sumbawa Dilestarikan"

Yakni Pergub Nomor 9 Tahun 2022 Tentang Penyelenggaraan Usaha Jasa Akomodasi. “Ini dilakukan untuk menciptakan suasana yang baik dalam setiap event internasional,” kata Yusron. “Termasuk kepastian kepada masyarakat terkait harga penginapan dan juga membuka kesempatan lebih luas masyarakat menonton event internasional,” sambungnya lagi.

Dikatakannya, didalam Pergub sudah diatur pada zona dimana event berlangsung masih diperkenankan maksimal kenaikan tarif kamar tiga kali (3X). “Kemudian zona yg lebih luar dua kali (2X) dan zona terjauh dari area event kenaikan maksimal satu kali (1X),” terangnya. “Dan kenaikan harga tersebut harus dibarengi dengan peningkatan kualitas pelayanan, pengembangan atraksi dan mungkin paket berwisata yang ditawarkan oleh penginapan-penginapan kita,” demikian Yusron Hadi. (red) 

Artikel sebelumyaDialog dengan Warga KSB, Bang Zul : Harapan Ini Harus Dipahami oleh Perusahaan!
Artikel berikutnyaDispora Nyatakan Kesiapan Berkolaborasi dengan KNPI NTB