PARIWISATA

Potensi Wisata Sumbawa Akan Dimaksimalkan

47

NUSRAMEDIA.COM — Bupati Sumbawa, Mahmud Abdullah menegaskan bahwa potensi wisata yang tersebar dihampir semua kecamatan menjadi fokus perhatian Pemkab Sumbawa. Ini dalam upaya memaksimalkan pengembangannya untuk dimanfaatkan demi kesejahteraan masyarakat. Oleh karenanya, Pemkab Sumbawa akan berkolaborasi yaitu melibatkan pihak swasta dan masyarakat.

“Program dan kegiatan sektor pariwisata skala prioritas daerah akan dimaksimalkan, antara lain : pengembangan destinasi Pulau Moyo, Samota, Teluk Saleh Hiu Paus, Teluk Prajak, Kabete (Keramat, Bedil, Tumodong), Ekowisata Agal Marente, Batu Dulang, Desa Wisata Berbasis Budaya Poto dan lain-lain,” ungkap Bupati saat melakukan wawancara bersama tim Metro Tv terkait Potensi Pariwisata di Kabupaten Sumbawa, Senin (8/11/21) di Pendopo Bupati.

Baca Juga:  Semua Pihak Diajak Berkolaborasi Bangkitkan Pariwisata NTB

Menurut Haji Mo-akrab Bupati Sumbawa disapa, untuk menjadi daerah tujuan wisata, dipastikan masyarakat harus siap. Penyiapan dan pengembangan SDM pariwisata melalui pelatihan tematik bagi pelaku usaha dikaksanakan setiap tahunnya. Promosi wisata dan penyelenggaran event baik skala lokal, regional, nasional bahkan internasional telah dan terus dilaksanakan.

Bahkan pada tahun 2017-2019 Sumbawa mendapat perhatian dunia dengan perhelatan Sail International Rally Yacht yang diikuti sebanyak 70 kapal Yacht dari berbagai negara yang di mana Kabupaten Sumbawa menjadi tuan rumah Sail Moyo Tambora. “Tahun depan kami berencana dan mempersiapkan penyelenggaraan reuni akbar para Yachter. Event ini kami pandang sangat berpengaruh untuk meningkatkan gairah wisata daerah,” katanya.

Baca Juga:  Samping Kantor DPRD Sumbawa yang Lama Dijadikan Taman

Dalam rangka memyambut event internasional WSBK, Bupati menyampaikan, saat ini Pemkab Sumbawa melalui Dinas Pariwisata dengan melibatkan pelaku wisata seperti Himpunan Pramuwisata, Asosiasi Travel Agent tengah mempersiapkan travel pattern dengan ikon utama Hiu Paus, Island Hopping Teluk Saleh dan Pulau Moyo serta ekowisata yang berada di desa-desa wisata.

Selain itu juga, branding Teluk Saleh, Whale Shark (Hiu Paus) sebagai ikon utama wisata Sumbawa melalui kegiatan Familiarisation Trip (Famtrip) akan dilaksanakan pada tanggal 13-14 November mendatang dan diikuti oleh beberapa travel agen Bali dan Lombok. “Pemkab Sumbawa juga mempersiapkan pelaku UMKM untuk dapat secara langsung mendisplay berbagai produk UMKM di stand yang tersedia di event WSBK Mandalika,” pungkasnya. (red) 

Baca Juga:  Semua Pihak Diajak Berkolaborasi Bangkitkan Pariwisata NTB
Artikel sebelumyaWabup Sumbawa Semangati Peserta Lomba Inovasi Daerah
Artikel berikutnyaRSUP NTB Nyatakan Siap 100 Persen