PARIWISATA

Ternyata Ini Keunggulan Tete Batu

83
Kepala Dinas Pariwisata NTB H Yusron Hadi

LOMBOK TIMUR — Sebagaimana diberitakan sebelumnya, Desa Tete Batu, Kecamatan Sikur, Kabupaten Lombok Timur, NTB dipastikan mewakili Indonesia dalam kompetisi desa wisata (dewi) dunia atau best tourism village 2021.

Dimana ajang itu diselenggarakan oleh United Nations World Tourism Organitation (UNWTO), organisasi pariwisata dunia dibawah Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB). Selain Desa Wisata Tete Batu, adapun dua desa wisata lainnya didaftarkan oleh Kemenparekraf RI.

Yakni Desa Wisata dari Yogyakarta dan Nusa Tenggara Timur (NTT). Khusus Dewi Tete Batu, ternyata ada beberapa hal yang menjadi keunggulan sehingga dinilai layak mewakili Indonesia pada ajang lomba dewi dunia ini.

Baca Juga:  Threeo Event Planner Gelar Audisi Mister Tourism Indonesia NTB 2021 di Sumbawa 

Sebagaimana diungkapkan H Yusron Hadi-Kepala Dinas Pariwisata NTB, Desa Tete Batu memiliki keunggulan dengan 6 spot wisata yang menjadi daya tarik bagi pelancong. “Haritage, budaya, wafer fall lebih dari tiga, camping ground dan ecogreen, serta track downhill sepeda,” kata mantan Kepala Dislutkan NTB tersebut.

Selain itu pula, sambungnya, sebelum ada label sebagai desa wisata, Tete Batu sudah menjadi tempat wisata di Kabupaten Lombok Timur. Bahkan Tete Batu sangat memiliki ciri khas. “Begitu masuk pintu gerbang, aroma desa wisata sudah sangat terasa,” kata Yusron.

Baca Juga:  Threeo Event Planner Gelar Audisi Mister Tourism Indonesia NTB 2021 di Sumbawa 

Sehingga, menurut dia, masyarakat di Tetebatu sudah sangat melek wisata. “Pinggir-pinggir jalan rapi bersih ditanami bunga-bunga,” ucapnya. Untuk diketahui, kabar baik ini diperoleh dari Kemenparekraf RI yang telah memastikan 3 dewi yang diusulkan mengikuti lomba tersebut.

Dimana Kemenparekraf mendaftarkan Desa Tetebatu bersama dua desa wisata lain dari Yogyakarta dan Nusa Tenggara Timur (NTT). Oleh karenanya, Pemprov NTB mengapresiasi effort (upaya) yang dilakukan tim Kabupaten Lombok Timur yang sudah mempersiapkan segala sesuatunya untuk lomba ini.

Baca Juga:  Threeo Event Planner Gelar Audisi Mister Tourism Indonesia NTB 2021 di Sumbawa 

Bahkan, Gubernur NTB Zulkieflimansyah dan Bupati Lombok Timur mengucapkan terimakasih atas atensi dan keputusan Kemenparekraf. Keputusan itu ditetapkan Kamis, 19 Agustus 2021, yang menetapkan desa wisata Tete Batu sebagai peserta lomba Best Tourism Village UNWTO 2021. (red) 

Artikel sebelumyaBang Zul : Generasi Masa Depan Harus Dijaga!
Artikel berikutnyaRS Mandalika Siap Sukseskan World Superbike