PEMERINTAHAN

10 Desa Usulkan Pemekaran Dusun

134

NUSRAMEDIA.COM, SUMBAWA — Sebanyak 10 desa telah mengusulkan pemekaran dusun ke Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Sumbawa.

Alasan pemekaran dusun ini sendiri lebih kepada mendekatkan rentang kendali pelayanan. Termasuk jumlah penduduk yang sudah cukup banyak.

“Sejauh ini baru lebih ada 10 desa yang mengusulkan pemekaran dusun,” kata Kabid Pemerintahan Desa DPMD Sumbawa, Ulumuddin, Kamis (21/2).

Dari usulan yang masuk ini ujarnya, ada yang sudah lengkap secara administrasi ada juga yang belum. Karena itu, proriotas verifikasi usulan tentunya ditujukan terhadap administrasi yang sudah lengkap.

Baca Juga:  Pemprov NTB Siapkan Rapid Tes Gratis

Untuk tahun ini kata dia, hanya ada 4 desa yang ditargetkan usulan pemekaran dusunnya di tuntaskan. Namun, realisasi di lapangan bisa saja lebih dari itu.

“Yang sudah kita proses usulannya itu, baru Desa Bugis Medang Kecamatan Labuhan Badas, Desa Marga Karya Kecamatan Moyo Hulu, Desa Berora Kecamatan Lopok dan Desa Emang Lestari Kecamatan Lunyuk. Keempat desa ini yang kita nilai administrasinya paling lengkap,” ujarnya.

Lalu bagaimana dengan usulan pemekaran desa ? Untuk desa lanjut Ulumuddin, usulannya belum ada. Sejauh ini baru sebatas konsultasi saja. Selain itu dimungkinkan karena terbentur aturan.

Baca Juga:  Satgas Aset Pemprov NTB Mulai Lakukan Pendataan di Gili Trawangan

Untuk diketahui, agar bisa dimekarkan minimal desa bersangkutan memiliki penduduk 5000 jiwa. Bila dimekarkan, nantinya desa bersangkutan harus memiliki tiga dusun. Itu artinya, saat diusulkan nanti desa tersebut harus memiliki 6 dusun. (NM6)

Artikel sebelumyaSahabat Bumi dan UNDP Diharapkan Bantu Korban Gempa KSB
Artikel berikutnyaKemenag RI Terbitkan SK Penegerian MTsN 4 Sumbawa

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here