KESEHATAN

Atasi Persoalan Sampah di NTB, Doktor Zul : Ini adalah Tanggungjawab Kita Bersama

95

NUSRAMEDIA.COM, MATARAM – NTB terdiri dari dua pulau besar yakni Pulau Sumbawa dan Pulau Lombok. Jika dibahas akan potensi keindahan alam bumi NTB, mungkin tidak akan ada habisnya.

Selain keindahan alamnya dan potensi lainnya, NTB juga memiliki berbagai keragaman budaya hidup ditiap daerah.

Saling menghargai dan menguatkan (harmonis) satu sama lain menjadi pointer penting keragaman yang dimiliki NTB dan terbentuk dalam satu bingkai kebersamaan.

Untuk dunia pariwisata tentunya harus dibarengi dengan kebersihan. Untuk itu, Pemprov NTB bekerjasama dengan Pemda di Kabupaten/Kota terus menggalakkan program ‘Zero Waste’ atau NTB Bebas Sampah.

Ketika potensi alam atau dunia wistata NTB terjaga kebersihan maupun kelestariannya, maka pastinya akan berdampak baik pula bagi daerah tercinta.

Persoalan sampah di NTB memang tak bisa ditampik masih menjadi ‘PR’ bersama. Hal ini dipengaruhi juga dengan pola atau prilaku hidup.

Baca Juga:  Program Zul-Rohmi Dinilai Luar Biasa

Untuk itu, pemerintah sendiri terus memberikan pemahaman maupun sosialisasi betapa pentingnya pola hidup sehat dan bersih, terutama bagi lingkungan.

Gubernur NTB, Zulkieflimansyah menghimbau kepada seluruh masyarakat NTB untuk membiasakan diri atau menerapkan pola hidup sehat dan menjaga kebersihan lingkungan.

Sebelumnya pada saat blusukan disejumlah daerah, ia mendapati masih banyak titik-titik yang menjadi perhatian (membuang sampah sembarangan).

Persoalan sampah kata dia, bukan semata tanggungjawab kepala daerah, baik itu ditingkat pemerintah provinsi, maupun kabupaten/kota (Gubernur, Bupati/Walikota).

Mengatasi persoalan sampah, melainkan tanggungjawab semua pihak termasuk masyarakat sendiri.

“Mengatasi persoalan sampah ini, bukan semata-mata tugas Gubernur, Bupati dan Walikota saja, tapi ini menjadi tanggungjawab kita bersama. Untuk itu mari kita terapkan pola hidup sehat dan bersih,” ajaknya.

Orang nomor satu di NTB itu juga meyakini, meski saat ini program bebas sampah atau Zero Waste menjadi bahan cibiran, kedepan akan akan menuai hasil nyata dari sebuah upaya dan baginya itu adalah hal yang biasa.

Baca Juga:  Wagub Minta Pelabuhan Lembar Ditata Baik dan Menarik

Terlebih dengan adanya pengolahan sampah, ia juga meyakini persoalan sampah akan teratasi dan memiliki nilai ekonomis.

“Mudah-mudahan kalau bank sampah ada ditiap desa sampah tidak lagi menjadi satu hal yang tidak berguna, tapi akan sangat bermanfaat ada nilai ekonomis bisa membiayai sekolah, rumah sakit, umroh bahkan haji,” kata Doktor Zul.

“Walaupun orang banyak yang nyiyir atau menicibir zero waste kalau kita nggak coba-coba ya bagaimana. Apalagi kita punya wakil gubernur yang ahli lingkungan, saya kira kenapa beliau sangat konsen dengan zero waste, ya beliau ahli lingkungan dan punya pengalaman bahkan mampu menciptakan kesadaran pada akhirnya,” demikian Gubernur menambahkan.

Sebelumnya ada tiga kapal pesiar yang melintasi perairan NTB terpatnya di wilayah Lembar – Kabupaten Lombok Barat.

Baca Juga:  Ditargetkan 41 Ribu Vaksin Perhari untuk Lombok Tengah

Rencananya sejumlah kapal tersebut akan bersandar di NTB. Dikabarkan hanya lantaran persoalan sampah, menjadi alasan sejumlah kapal tersebut batal untuk bersandar.

Kemudian, di salah satu lokasi lingkup daerah Sumbawa juga sempat disentil oleh Gubernur NTB melalui akun facebooknya.

Dimana titik lokasi tersebut terlihat kumuh lantaran banyaknya sampah yang berserakkan dibuang sembarang tempat.

Meski demikian, hal tersebut secara singkat langsung teratasi berkat aktifnya kepala daerah setempat melibatkan pihak terkait.

Atas hal itu, Gubernur NTB memberikan apresiasi terhadap aktifnya sikap Bupati Sumbawa, HM Husni Djibril yang bertindak cepat menanggapi suatu hal.

Gubernur juga mengajak semua pihak untuk terlibat dan aktif menjaga lingkungan agar tetap bersih dan asri tanpa ada lagi sampah yang berserakkan dan dibuang ke sembarang tempat. (NM1) 

Artikel sebelumyaBNNP dan Polda NTB Berhasil Amankan 5 Kg Ganja dan 478,25 Gram Shabu
Artikel berikutnyaDPRD NTB Ajak Masyarakat Doakan Korban Penembakan di Selandia Baru

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here