PEMERINTAHAN

BPBD NTB Hadirkan Aplikasi SiAGA NTB

NUSRAMEDIA.COM, MATARAM — Kinerja Badan Penanggulangan Bencana Daerah Provinsi Nusa Tenggara Barat (BPBD NTB) patut diancungi jempol.

Betapa tidak, guna membantu masyarakat mendapatkan informasi terkait mitigasi bencana, BPBD NTB membuat sebuah gebrakkan melalui aplikasi SiAGA NTB.

“Untuk membantu masyarakat supaya bisa dapat info terutana terkait mitigasi bencana. Jadi yang membuat dan mengelola aplikasi ini BPBD NTB sendiri,” demikian ungkap Kepala Pelaksana BPBD NTB, H Mohammad Rum, Selasa 1 Januari 2019 di Mataram.

Baca Juga:  Pj Gubernur NTB Sampaikan LKPJ 2023

Selain itu juga terangnya, aplikasi ini merupakan sumber resmi penyampaian kejadian bencana yang ada di wilayah Provinsi NTB. Berbagai fitur juga telah tersedia didalam aplikasi ini.

Fitur-fitur yang ada didalamnya itu sebut pria yang akrab disapa Haji Rum ini, yakni soal laporan bencana (Masyarakat bisa melaporkan kejadian bencana di lingkungannya).

Kemudian, Info Bencana (Masyarakat bisa mendapat informasi valid dan akurat tentang kejadian bencana). Selanjutnya berkaitan dengan Info SOP yakni berisikan pengetahuan tentang standard operasional dalam keadaan darurat.

Baca Juga:  ORI NTB Temukan Penyimpangan Dalam Seleksi PPPK Bima 2023

Bahkan kata Kalak BPBD, didalam aplikasi SiAGA NTB juga disediakan nomor penting yang bisa dihubungi dalam keaadaan darurat dan info terkini tentang cuaca. Termasuk soal Info Donor Darah, yang mana masyarakat bisa menemukan pendonor darah di radius tertentu.

“Aplikasinya sudah tersedia silahkan download saja melalui Play Store ‘SiAGA NTB, sudah bisa diinstal juga,” tuturnya.

“Insya Allah, rencananya Jum’at atau Ahad mendatang secara resmi akan kami luncurkan aplikasi tersebut,” demikian H Mohammad Rum menambahkan. (NM1) 

Baca Juga:  Sekda Fokus Wujudkan Visi SGB

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini