PEMERINTAHAN

Bupati KSB : “Bukti Dukung NTB Sehat dan Cerdas”

74

SUMBAWA BARAT — Sinergi dan dukungan Pemerintah Provinsi NTB melalui misi NTB Sehat dan Cerdas, mampu mendorong Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) keluar sebagai juara Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) 5 Pilar.

Hal tersebut disampaikan Bupati Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) H Musyafirin di dampingi Ketua DPRD dan Forkopimda KSB, saat menerima kunjugan dan silaturahmi Forum Wartawan Pemprov NTB pada giat Press Trip di Pulau Sumbawa, Kamis (2/9) kemarin.

Bupati menegaskan, bahwa capaian yang diperoleh KSB ini merupakan berkat sinergitas bersama. “Keberhasilan KSB keluar sebagai juara STBM 5 Pilar ini menjadi bukti dukungan misi NTB Sehat dan Cerdas,” kata orang nomor satu di KSB tersebut.

Baca Juga:  Apresiasi Upaya Bang Zul Tuntaskan Berbagai Persoalan

Program Pemprov NTB dalam menghapus prilaku buang air sembarang, melalui program bebas buang air besar nol (Basno). Sebab, NTB menargetkan bebas buang air besar sembarangan akan tuntas pada tahun 2023.

“Saat ini NTB hanya KSB yang mencapai dan mampu mempertahankan ODF serta mulai menerapkan sanitasi yang dikelola dengan aman, dan merupakan satu – satunya Kabupaten di Indonesia yang berhasil menuntaskan 5 Pilar STBM,” ungkapnya.

“Akselerasi program unggulan seperti revitalisasi posyandu, zero waste dan perbaikan kerusakan lingkungan, dinilainya sebagai kunci dari suksesnya program Basno di NTB,” tambah Bupati KSB.

Prosesnya panjang untuk mewujudkan program tersebut, dimulai sejak tahun 2016. Dalam perencanaannya, KSB membangun instrumen untuk penuntasan Lima (5) Pilar STBM, yaitu pilar ke 1, stop buang air besar sembarangan, pilar ke 2, cuci tangan dengan air menggunakan sabun.

Baca Juga:  Pemprov NTB Siapkan Rapid Tes Gratis

Kemudian pilar ke 3 adalah pengolahan air minum aman, pilar ke 4, pengelolaan sampah rumah tangga, dan pilar 5, pengelolaan limbah cair rumah tangga. “Usaha dan kerjakeras tersebut membuahkan hasil dengan pencapaian dan hasil yang memuaskan,” jelasnya.

Selain itu, pelibatan secara aktif ASN ditengah masyarakat dan dibentuknya para agen PDP Gotong Royong dan pelibatan masyarakat oleh ketua RT dan Kepala lingkungan juga mendukung keberhasilan ini. “Bahkan agen-agen inilah yang menjadi kader posyandu keluarga,” ucap Musyafirin.

Baca Juga:  Kolaborasi Dispussip NTB dan Lotim Dukung Desa Tete Batu

Begitupun keterlibatan TNI/POLRI melalui Babinsa dan Bhabinkamtibmas mampu menggerakan pembuatan jamban serta pilar lainnya. Mewakili Pemprov NTB Kadis Kominfotik NTB Dr Najamuddin mendukung dan mengapresiasi capian prestasi KSB ini.

“Sehingga daerah lain di NTB dapat mengikuti upaya dan langkah KSB mewujudkan daerah Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (KSB) 5 Pila ini, untuk mendukung misi NTB Sehat dan Cerdas,” kata mantan Kepala Biro Humas dan Protokol Setda NTB tersebut.

Selain itu, STBM ini dapat menjadikan masyarakat KSB dan NTB untuk terus menjaga kualitas hidupnya. “Keberhasilan program dan contoh baik ini dapat dipublikasikan dan disiarkan rekan-rekan pers kepada publik,” tutup pria kelahiran asal KSB ini. (red) 

Artikel sebelumyaApron Bandara Lombok Siap Tampung Belasan Pesawat
Artikel berikutnyaGubernur NTB Putus Kontrak PT GTI