PEMERINTAHAN

Dinilai Tim PPD, Pemda Sumbawa Sampaikan Capaian Daerah

106

NUSRAMEDIA.COM, SUMBAWA — Kabuaten Sumbawa termasuk dalam tiga Kabupaten di Provinsi NTB yang mengikuti penilaian Anugerah Pangripta Nusantara atau PPD (Penghargaan Pembangunan Daerah) Tahun 2019. Sementara Kabupaten lainnya yaitu Bima dan Lombok Barat.

Setelah sebelumnya Kabupaten Bima sudah dinilai oleh Tim Penilai Tim PPD pada Selasa (26/5) giliran Sumbawa yang dinilai. Dalam pertemuan yang dilakukan di Aula H. Hasan Usman Lantai 1 Kantor Bupati Sumbawa tersebut, sejumlah pecapaian pembanguanan daerah disampaikan oleh Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Penelitian dan Pengembangan Daerah Kab. Sumbawa Ir. H. Junaidi, M.Si. Termasuk tema, prioritas daerah dan kebijakan prioritas, proses top-down, bottom-up, teknokratik dan politik, serta inovasi daerah.

Baca Juga:  Pemprov NTB Siapkan Rapid Tes Gratis

Haji Jun-akrabnya disapa, juga memaparkan sekilas informasi tentang capaian pembangunan daerah antara lain Top 40 Sinovik 2018, Anugerah kencana, WTP ke-6 Kabupaten Sumbawa, SAKIP Kab. Sumbawa Tahun 2018, prestasi kinerja sangat tinggi bintang 2, penghargaan Dharma Pertahanan, dan Top 99 Sinovik.

Dipaparkan pula tentang pertumbuhan ekonomi, laju pertumbuhan PDRB per kapita, Indeks Pembangunan Manusia dan perbandingan IPM Sumbawa dengan Provinsi, tingkat kemiskinan yang semakin menurun dan perbandingan kemiskinan dengan provinsi Tahun 2018, Tingkat Pengangguran Terbuka, Indikator kinerja daerah dari aspek kesejahteraan masyarakat dilihat dari 13 indikator, aspek pelayanan umum, aspek nilai daya saing dilihat dari 10 indikator, 71 hasil evaluasi indicator kinerja daerah, 5 isu strategis nasional, 4 isu strategis provinsi, dan 10 isu strategis kabupaten, 5 prioritas nasional, 4 prioritas provinsi, dan 5 prioritas daerah.

Baca Juga:  Program Zul-Rohmi Dinilai Luar Biasa

“Tema RKPD 2019 yaitu pemerataan pembangunan, pengembangan investasi produk serta penguatan sistem inovasi daerah menuju Sumbawa hebat dan bermartabat,” jelasnya.

Sementara Kepala Bidang Evapol Bappeda Provinsi NTB, selaku Ketua Tim Penilai Provinsi NTB, Riadi mengatakan selain Kabupaten Sumbawa, 2 Kabupaten lainnya yaitu Kabupaten Bima dan Kabupaten Lombok Barat juga ikut dinilai, berkaitan atas prestasi dari segi perencanaan dan pencapaian  pembangunan daerah.

Pihaknya mengapresiasi inovasi-inovasi menarik dari Kabupaten Sumbawa salah satunya Sistem Informasi Peringatan Dini Inflasi (SI ANDINI), sebagai Inovasi Sistem Pendukung Keputusan bagi Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) dalam menstabilkan harga barang pokok dan barang penting, ide dari Andi Kusmayadi, S.Pi.,M.Si dari Bagian Perekonomian Setda Kabupaten Sumbawa yang berhasil masuk dalam 3 inovasi dari Kabupaten Sumbawa, dalam acara puncak Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik Provinsi NTB atau yang dikenal dengan NTBNovik.

Baca Juga:  Satgas Aset Pemprov NTB Mulai Lakukan Pendataan di Gili Trawangan

Acara tersebut turut dihadiri oleh Ketua DPRD Kab. Sumbawa, Ketua Tim penilai beserta rombongan, kepala Bappeda beserta jajaran, Pimpinan OPD, Camat, dan Kades terkait. Acara dilanjutkan dengan diskusi. (NM3)

Artikel sebelumyaHadiri Rakernas ADEKSI, Wagub NTB : Sulit Mencari Daerah di NTB Ini yang Tidak Indah!
Artikel berikutnyaBawaslu Ingatkan Kepala Desa Netral di Pemilu 2019

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here