PEMERINTAHAN

Dipastikan Terbangun, Anggaran Tahap Pertama Pelabuhan Teluk Santong Rp 500 Miliar

254

NUSRAMEDIA.COM, SUMBAWA —Pelabuhan Teluk/Tanjung Santong di Kabupaten Sumbawa dapat dipastikan akan terbangun. Bahkan anggaran untuk pembangunan tahap pertamanya direncanakan sebesar Rp 500 miliar. Demikian diungkapkan Bupati Sumbawa, H. M. Husni Djibril B.Sc kepada wartawan di Sumbawa.

Dikatakan Haji Husni-akrabnya disapa, dari komunikasi yang dilakukan dengan Direktur PT. Pelindo III Surabaya, Doso Agung, rencana pembangunan Pelabuhan Tanjung Santong sudah mendapatkan persetujuan di Menteri BUMN RI melalui Penyertaan Modal Negara (PMN).

PMN tersebut akan diajukan untuk tahun 2020 sebesar Rp 500 miliar tahap pertama. Di mana dalam waktu dekat akan dilakukan pembahasan. Karenanya, pihak Pelindo meminta dukungan dari Pemkab Sumbawa  terkait hal tersebut.

Baca Juga:  Wagub Minta Pelabuhan Lembar Ditata Baik dan Menarik

“Kesimpulan dari percakapan itu sudah pasti terbangun. Karena sudah masuk di APBN. Tahap pertama itu Rp 500 miliar. Itu 2020 dibahas untuk masuk di DPR RI karena sudah ada petunjuk. Tahun 2021 baru dibangun,” ujarnya.

Bupati menjelaskan, pihak Pelindo juga akan menyelesaikan Feasibility Study (FS) atau studi kelayakan dan Detail Engineering Design (DED) di tahun 2020 ini. Adapun terkait item pekerjaan yang dilaksanakan di tahap pertama, Bupati tidak mengetahui secara pasti, karena bersifat teknis.

Baca Juga:  Pemprov NTB Siapkan Rapid Tes Gratis

“Total anggaran yang dibutuhkan adalah Rp 1,4 triliun. Untuk tahap awal apa yang dibangun, saya tidak tahu karena itu teknis sekali,” tukas Haji Husni. (red) 

Artikel sebelumyaTarik Diri Berkoalisi dengan PDIP, PKS : Senap Semu Nyaman Nyawe Jauh Lebih Penting dari Segalanya
Artikel berikutnyaTahun Ini, HUT Sat Pol PP dan Linmas Terpusat di Mataram