PEMERINTAHAN

Dispusip Dorong Adanya Direktori Desa

92

NUSRAMEDIA.COM, SUMBAWA — Sejarah lahirnya nama sebuah desa atau kecamatan di Kabupaten Sumbawa belum diketahui secara luas oleh masyarakat.

Untuk itu, Dinas Perpustakaan dan Arsip (Dispusip) Kabupaten Sumbawa melalui Bidang Kearsipan mendorong adanya direktori desa.

Kabid Kearsipan Dispussip setempat, Salman, S.Sos mengatakan, melalui direktori desa bisa menggambarkan sejarah yang melatarbelakangi lahirnya sebuah nama desa atau kecamatan.

Umpamanya saja nama Kecamatan Empang dan Plampang. Bagaimana sejarah sehingga bisa diberikan nama tersebut.

Baca Juga:  Event Dunia di NTB, Haji Boh : Ini Kesempatan Emas Bagi Kita Semua!

“Direktori desa bisa menggambarkan sejarah yang melatarbelakangi lahirnya sebuah desa atau kecamatan. Kenapa namanya Empang atau Plampang. Dan itu bukan fiksi, harus punya data yang kuat,” ujarnya kepada wartawan, Jum’at 26 Oktober 2018 di Sumbawa.

Dijelaskannya, upaya ini harus dilakukan dengan segera. Karena dikhawatirkan naskah yang ada hilang atau terbakar. “Jadi nanti bisa ada cerita mengenai sejarah nama desa tersebut,” jelasnya.

Sebelumnya, pihaknya melaksanakan lomba penulisan sejarah lokal di Sumbawa. Dimana ada belasan naskah yang dilakukan penilaian untuk menentukan para juara, yang nantinya tulisannya akan dibuatkan buku.

Baca Juga:  Wabup Lombok Utara Sampaikan Penjelasan RAPBD 2022

Melalui lomba ini diharapkan bisa menjadi motivasi bagi penulis lainnya untuk menulis tentang sejarah Sumbawa. Sehingga sejarah masa lalu bisa diceritakan kepada generasi sekarang maupun mendatang. (NM3)

Artikel sebelumyaBawaslu Minta Parpol Pasang APK Sesuai Aturan
Artikel berikutnyaKH Maruf Amin Berkunjung ke Ponpes Syaikh Zainuddin NW Anjani

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here