PEMERINTAHAN

Distanbun NTB Diminta Bentuk Timsus

65

MATARAM — Dinas Pertanian dan Perkebunan (Distanbun) NTB bersama petani tembakau diminta membentuk tim khusus (timsus) dalam mempermudah solusi yang dihadapi oleh para petani tembakau selama ini.

Demikian hal itu ditegaskan Gubernur NTB, Dr H Zulkieflimansyah saat menerima kunjungan Koalisi Bersama Petani Tembakau Lombok diruang kerjanya, Rabu (28/7) kemarin.

“Saya sudah meminta kepada Distanbun untuk membentuk tim khusus dan anggotanya harus direkrut dari para petani tembakau itu sendiri,” ujarnya.

Menurut Doktor Zul sapaan akrabnya, salah satu tujuan dibentuknya tim khusus adalah untuk mempermudah komunikasi petani tembakau dengan perusahaan besar dapat terjalin dengan aman.

Baca Juga:  Program Zul-Rohmi Dinilai Luar Biasa

Sehingga kesejahteraan dapat betul betul dirasakan oleh petani itu sendiri. “Tim khusus nantinya diharapkan dapat memperkuat koordinasi dan sinergi dalam meningkatkan bahan baku tembakau maupun pengadaan pupuk dan lain sebagainya,” kata Gubernur.

Selain itu, dia juga meminta kepada para petani, untuk mengubah kegiatan oven tembakau yang sebelumnya menggunakan kayu bakar agar beralih ke oven yang memanfaatkan teknologi. Upaya ini untuk meminimalisir terjadi pemakaian kayu dalam skala besar yang merusak ekosistem hutan di beberapa daerah.

Baca Juga:  Pemprov NTB Siapkan Rapid Tes Gratis

Sementara itu, Ketua Koordinasi Koalisi Bersama Petani Tembakau Lombok, Sarjan Lepak mengakui bangga dengan respon cepat gubernur atas permohonan untuk bersilaturahmi dengan orang nomor satu di NTB itu melalui akun Facebook pribadi gubernur.

“Alhamdulillah semua petani tadi (kemarin) di respon baik sama pak gubernur. Pak gubernur juga akan siap membantu para petani tembakau baik memperkuat hubungan dengan perusahaan perusahaan besar pemasok tembakau kita,” ungkapnya bangga. (red) 

Artikel sebelumyaPERLUNYA NETRALITAS DPRD NTB DALAM MEMBERI PENILAIAN TERHADAP KPID
Artikel berikutnyaUnizar Gelar Wisuda ke-69