PEMERINTAHAN

Draft Kerjasama dengan Korea Selatan Disempurnakan

NUSRAMEDIA.COM, SUMBAWA — Pemkab Sumbawa saat ini sedang melakukan penyempurnaan terhadap draft kerjasama dengan Korea Selatan (Korsel), menyangkut dengan rencana masuknya investor asal Negeri Gingseng tersebut.

Ini dilakukan untuk menyempurnakan kembali beberapa point berkaitan dengan aturan dan ketentuan yang berlaku. Demikian diungkapkan Kepala Bappeda Kabupaten Sumbawa, Ir. H. Junaidi M.Si kepada wartawan, di Ruang Kerjanya, Rabu (20/3).

“Beberapa waktu lalu, Pemda bersama DPRD Sumbawa menghadiri undangan Kementerian Desa PDT dan Transmigrasi untuk membahas terkait review kembali draft kejasama antara Pemerintah Indonesia dengan Korea Selatan. Dalam pertemuan itu ada keputusan yang diambil. Diminta oleh Pemda dan DPRD Sumbawa supaya difasilitasi oleh Kemendes PDT dan Transmigrasi yang berkaitan dengan tinjauan secara hukum, terkait dengan aturan main dalam rangka dokumen kerjasama itu,” ujarnya.

Baca Juga:  Bupati Sumbawa Sampaikan LKPJ 2023

Sehingga dalam menyusun itu, lanjut Haji Jun-akrabnya disapa, Kementerian Desa PDTT dan Kementerian Dalam Negeri saling berkoordinasi, agar dokumen itu bisa tersusun segera. Kemudian kedepannya bisa dipertanggungjawabkan sesuai ketentuan yang berlaku.

“Yang kerjakan draft itu juga melibatkan Pemda. Tapi sekarang sedang dikaji secara hukum di Pemerintah Pusat antara Kemendes PDTT dan Kementerian Dalam Negeri. Setelah digodok disana, mungkin juga ada pertemuan berikut dengan Pemda,” tuturnya.

Dalam hal ini, Pemda Sumbawa sangat berharap investasi itu masuk. Tapi harus sesuai dengan aturan ketentuan yang berlaku, termasuk harus benar-benar bisa bermanfaat bagi daerah dan masyarakat.

Baca Juga:  Sekda Fokus Wujudkan Visi SGB

“Pada pertemuan waktu itu ada masukan juga dari Pemda dan DPRD Sumbawa, supaya perusahaan yang akan kerjasama dari Korea itu benar-benar serius. Jangan sampai begitu sudah keluar izinnya, justru tidak direalisasikan. Karena berdasarkan pengalaman pahit kita, ada beberapa HGU yang sudah keluar sebelumnya tapi tidak optimal atau terlantar. Untuk itu melalui kerjasama ini Pak Bupati benar-benar selektif, ingin meminta semua pihak mengkaji, agar benar-benar kerjasama ini dipayungi dengan aturan yang berlaku. Selain itu kerjasma ini juga diharapakan benar-benar terealisasi dengan baik dalam rangka mendorong pemanfaatan sumberdaya alam yang ada di Kabupaten Sumbawa itu benar-benar dapat mensejahterakan masyarakat daerah kita, sekaligus dapat meningkatkan perekonomian daerah,’’ demikian Haji Jun. (NM3)

Baca Juga:  Doktor Budi Dilantik Jadi Sekda Sumbawa

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini