PEMERINTAHAN

Empat ASN di Sumbawa Terpilih Jadi Kepala Desa

453

NUSRAMEDIA.COM, SUMBAWA — Pelaksanaan pemilihan kepala desa di Kabupaten Sumbawa sudah dilangsungkan, pada Rabu (4/3).

Dari ratusan calon kades di 119 desa penyelenggara, ternyata ada 18 Aparatur Sipil Negara (ASN) lingkup Pemkab Sumbawa yang turut menjadi peserta. Bahkan empat diantaranya berhasil meraih suara terbanyak.

“Terkait calon Kades yang dari PNS ada 4 orang yang meraih suara terbanyak,” ungkap Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Sumbawa melalui Kasi Tata Pemerintahan Desa, Anhuyas kepada wartawan, Kamis (5/3).

Baca Juga:  Ditempa Musibah Beruntun, Daya Tahan Zul-Rohmi Dinilai Sangat Baik

Adapun keempat ASN tersebut diantaranya Kamiruddin S.AP di Desa Labuhan Sumbawa Kecamatan Labuhan Badas, Syofyan di Desa Labuhan Aji Kecamatan Labuhan Badas, Aminolla di Desa Boak Kecamatan Unter Iwes dan Aman di Desa Gapit Kecamatan Empang.

Diungkapkannya, peserta Pilkades dari kalangan ASN tidak hanya ada pada pemilihan kali ini saja.

Dua pelaksanaan Pilkades sebelumnya yaitu di tahun 2016 dan 2018 juga sempat ada beberapa ASN yang ikut mencalonkan diri.

“ASN terpilihnya nanti dalam hal statusnya tetap sebagai PNS haknya juga tetap diberikan sebagai PNS. Tanpa tunjangan. Gaji pokok tok. Sedangkan status dia sebagai kepala desa sama seperti kades lain. dapat hak, siltapnya, tunjangannya sama semua,” jelasnya.

Baca Juga:  Satgas Aset Pemprov NTB Mulai Lakukan Pendataan di Gili Trawangan

Ditambahkan, saat ini proses Pilkades masih dalam tahap Pleno. “Setelah Pleno di desa disampaikan ke BPD. Pleno dari tanggal 5 sampai 9. Tanggal 10 sampai 18 disampaikan ke BPD. Tanggal 19 sampai 30 itu disampaikan kepada Bupati melalui camat. Baru kita proses SK dan pelantikan,” demikian. (red) 

Artikel sebelumyaTerseret Air Irigasi, Seorang Bocah di Sumbawa Meninggal Dunia
Artikel berikutnyaDewan NTB Batalkan Kunker ke Luar Negeri