PEMERINTAHAN

Kabupaten/Kota Diminta Progresif Usulkan Tuntas Blank Spot dan Sinyal Lemah

59

SUMBAWA — Kepala Dinas Kominfotik Provinsi NTB, Najamuddin Amy mengusulkan dan mendorong Pemkab dan Pemkot se-NTB untuk memperkuat sinyal dan optimasi jaringan internet dan telekomunikasi.

“Di era teknologi informasi dan komunikasi sekarang ini, kebutuhan jaringan internet sangat penting,” katanya dihadapan Sekda Sumbawa saat giat Press Trip Forum Wartawan Pemprov NTB di Kantor Bupati Sumbawa, Jum’at (3/9) lalu.

Hal ini penting disampaikan, sehingga Kabupaten/Kota siap dari berbagai aspek. Salah satunya ketersediaan infrastruktur jaringan telekomunikasi, menghadapi penyelenggaraan even Nasional hingga Internasional.

Penguatan sinyal dan optimasi jaringan internet dan telekomunikasi ini penting dilakukan, untuk memastikan dan mendukung berbagai aktivitas dan kegiatan masyarakat maupun pemerintah.

Baca Juga:  Ditempa Musibah Beruntun, Daya Tahan Zul-Rohmi Dinilai Sangat Baik

Seperti kebutuhan proses input data laporan di kantor desa dan bahkan kantor pemerintahan lainnya. Begitupun dalam mendukung proses belajar mengajar sektor pendidikan, mengingat karena pandemi COVID19 membutuhkan internet yang cepat dan stabil.

Diakuinya, tercatat hingga bulan Mei 2021, Provinsi NTB masih terdapat 42 titik lokasi blank spot dan terdapat sebanyak 63 titik area yang masih lemah sinyal yang tersebar di sepuluh kabupaten kota di Provinsi NTB.

Sedangkan, di Kabupaten Sumbawa ada 22 area lemah sinyal yang perlu diperkuat dan optimasi jaringan internet. Sedangkan ada 10 area blank spot. “Kalau blank spot harus diintervensi untuk pembangunan infrastruktur BTS baru,” ucap mantan Karo Humaspro NTB ini.

Baca Juga:  Satgas Aset Pemprov NTB Mulai Lakukan Pendataan di Gili Trawangan

Sedangkan sebanyak 22 area lemah sinyal, harus diperkuat sinyal dan optimasi jaringannya. Misalnya dibangun BTS mini pendukung atau dipasang Vsat maupun fiberoptik guna meningkatkan band wide dan kapasitasnya.

Selain itu, Doktor Najam menyampaikan, Pemkab Sumbawa harus seoptimal mungkin mengusulkan lokasi dan wilayah tersebut, kepada BAKTI Kemenkominfo RI, agar ditahun 2022 membantu dibangun infrastruktur dan penguatan serta optimalisasi jaringan.

“Kami dorong dan suport jajaran Dinas Kominfo Sumbawa dan jajarannya untuk proaktif melihat area itu,” ujar pria kelahiran asal Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) tersebut.

Baca Juga:  Program Zul-Rohmi Dinilai Luar Biasa

Mewakili Bupati Sumbawa, H Hasan Basri selaku Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Sumbawa mengapresiasi atas kunjungan Forum Wartawan Pemerintah Provinsi NTB.

“Kunjungan dan silaturahmi ini, dapat memperkuat sinergi dan koordinasi untuk membantu mempublikasikan potensi di Sumbawa,” kata Sekda.

Dikatakannya, bahwa berbagai capian dan keberhasilan yang diperoleh daerah selama ini. Namun masih banyak kekurangan yang perlu dibenahi.

Hadir juga kegiatan tersebut, asisten 3 Setda, Kadiskominfotik Kabupaten Sumbawa, Forkopimda Sumbawa, ketua PWI Sumbawa dan sejumlah insan pers di Sumbawa. (red) 

Artikel sebelumyaBareskrim Polri Dukung Penuh Pemprov NTB Putus Kontrak PT GTI
Artikel berikutnyaProgram Food Estate dan Shrimp Estate Terus Digesa