PEMERINTAHAN

Kabupaten Sumbawa Akan Terapkan “Simon Pajak Online”

31
Wakil Bupati Sumbawa, Dewi Noviany saat memimpin pertemuan bersama, Senin (11/10) kemarin diruang kerjanya.

NUSRAMEDIA.COM — Senin (11/10) kemarin, Wakil Bupati Sumbawa, Dewi Noviany memimpin agenda pertemuan bersama. Hadir Kepala OPD lingkup Pemkab Sumbawa, Asisten Perekonomian dan Pembangunan.

Kemudian, Asisten Administrasi Umum bahkan hadir pula Rektor Universitas Teknologi Sumbawa (UTS), Chairul Hudaya. Pertemuan itu berlangsung diruang kerja Wabup.

Dikesempatan itu, secara bersama mereka mencoba mematangkan rencana pemanfataan teknologi informasi (TI). Yaitu berupa sistem monitoring (Disingkat Simon) pajak secara online.

Terutama berkaitan pada proses pemungutan pajak dan retribusi di Kabupaten Sumbawa. Simon pajak online rencananya dalam waktu dekat bakal diterapkan.

Baca Juga:  Wagub Paparkan Inovasi dan Kolaborasi Hadapi Pandemi di NTB

Bahkan saat ini semua persiapan berupa peralatan sedang proses pengujian. Termasuk soal regulasi sebagai legalitas standingnya untuk dirampungkan.

Wabup Novi menyatakan, bahwa saat ini pajak dan retribusi di Kabupaten Sumbawa belum terserap ke kas daerah secara optimal.

Hal itu salah satunya disebabkan oleh proses pemungutan pajak dan retribusi yang masih dilakukan secara manual.

Meski data dari BKAD Kabupaten Sumbawa menunjukkan terjadi kenaikan PAD dalam 2 tahun terakhir, Wabup mengaku optimis.

Dimana digitalisasi pada proses pemungutan pajak dan retribusi akan semakin mendongkrak pemasukan daerah, bahkan hingga 100 persen. (red) 

Baca Juga:  Kepala Perwakilan BPK NTB Berganti
Artikel sebelumyaAlhamdulillah, NTB Berhasil Raih Tambahan Dua Medali Emas
Artikel berikutnyaWagub Paparkan Inovasi dan Kolaborasi Hadapi Pandemi di NTB