PEMERINTAHAN

Kolaborasi Dispussip NTB dan Lotim Dukung Desa Tete Batu

57
Kepala Dispussip Lotim, H Marwan (kiri), Kades Tete Batu (tengah) dan Kepala Dispussip NTB, Julmansyah (kanan).

NUSRAMEDIA.COM — Pemerintah Provinsi (Pemprov) Nusa Tenggara Barat melalui Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispussip) NTB bersama Dispussip Lombok Timur mendukung Desa Wisata Tete Batu.

Terlebih Desa Tete Batu yang terletak di Kecamatan Sikur, Kabupaten Lombok Timur sendiri, diketahui menjadi perwakilan Indonesia pada ajang Lomba Desa Wisata Dunia tahun ini.

Yakni lebih tepatnya Best Tourism Village yang diselenggarakan oleh Organisasi Pariwisata Dunia Perserikatan Bangsa-Bangsa (UNWTO). Dari sisi aspek pendidikan, menjadi penilaian dalam lomba ini.

Oleh karenanya, sebagai bentuk support nyata Pemprov melalui Disspussip NTB berkolaborasi dengan Dispussip Lotim, Rabu (15/9), memberikan sejumlah bantuan sarana prasarana pendukung di Perpustakaan Desa (Perpusdes) Tete Batu.

Baca Juga:  Satgas Aset Pemprov NTB Mulai Lakukan Pendataan di Gili Trawangan

Kepada media ini, Kepala Dispussip NTB, Julmansyah S.Hut., MAP menegaskan bahwa apa yang dilakukan pihaknya hari ini sebagai salah satu bentuk perhatian nyata kehadiran pemerintah dalam mendukung Desa Tete Batu. Khususnya, kata dia, pada Perpusdes setempat.

“Karena salah satu sub komponen penilaian (lomba dewi dunia) terkait education aspec (aspek pendidikan). Secara kolaboratif dilakukan pembinaan oleh Dispussip Provinsi NTB dan Dispussip Lotim hari ini,” ujarnya didampingi Kepala Dispussip Lotim, Drs H Marwan.

Baca Juga:  Wagub Minta Pelabuhan Lembar Ditata Baik dan Menarik

Dalam persiapan lomba dan pembinaan Perpusdes Tete Batu, lanjut pria yang akrab disapa Jul ini, Dispussip NTB memberikan dukungan sarpras. Mulai koleksi buku, rak buku hingga karpet.

Sedangkan Dispussip Lotim juga memberikan perangkat berupa komputer, koleksi buku dan pelatihan. “Khusus (dukungan) dari Pemprov, diberikan buku koleksi puluhan judul, satu buah rak buku ukuran medium dan dan karpet pemustaka,” jelas Jul. “Kemudian dari Dispussip Lotim juga diberikan 1 unit PC dan koleksi buku puluhan judul,” imbuhnya.

Baca Juga:  Program Zul-Rohmi Dinilai Luar Biasa

Lebih lanjut ditegaskannya, bahwa penyelesaian tugas di bidang perpustakaan dan kearsipan, pihaknya selalu mengedepankan sikap kolaboratif dan sinergitas di NTB. “Kita harapkan Tete Batu bisa menjadi pemenang Lomba Desa Wisata serta kedepan terus membenahi perpustakaan desanya,” demikian Julmansyah.

Sekedar informasi, dukungan atau bantuan yang diberikan Pemprov melalui Dispussip NTB dan Dispussip Lotim ini diterima langsung oleh Kepala Desa Tete Batu. Pihaknya menyambut baik dan berterimakasih atas perhatian dan dukungan nyata Dispussip NTB bersama Dispussip Lotim. (red) 

Artikel sebelumyaApresiasi Upaya Bang Zul Tuntaskan Berbagai Persoalan
Artikel berikutnyaKontingen PON NTB Resmi Dilepas